Menhub Budi Karya Sumadi Tinjau Kegiatan Vaksinasi Massal di Purworejo

oleh -
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bersama Wakil BUpati Hj Yuli Hastuti saat meninjau kegiatan vaksinasi massal di Bagelen, Purworejo
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bersama Wakil BUpati Hj Yuli Hastuti saat meninjau kegiatan vaksinasi massal di Bagelen, Purworejo

PURWOREJO, purworejo24.com – Kementerian Perhubungan turut mendukung kegiatan vaksinasi massal yang berlangsung di Kabupaten Purworejo. Kemenhub berkolaborasi dengan sejumlah pihak yakni TNI (Kodam IV Diponegoro), Polri (Polres Purworejo), Pemprov Jawa Tengah, Pemkab Purworejo, dan BUMN menyelenggarakan kegiatan Vaksinasi “Bakti Untuk Negeri” yang dilaksanakan di Kantor Kecamatan Bagelen, Kabupaten Purworejo, Sabtu (28/8/2021).

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau langsung lokasi kegiatan vaksinasi massal yang diperuntukan bagi masyarakat umum, pekerja transportasi, dan pelajar di Kabupaten Purworejo, dengan target 3.000 dosis vaksin. Kegiatan vaksinasi massal di Purworejo tersebar di beberapa lokasi lainnya yaitu di 10 Puskesmas Kab. Purworejo, Kodim 0708 Purworejo, dan sekolah.

“Sebagaimana arahan Bapak Presiden bahwa Kementerian dan Lembaga harus ikut mengawal kegaitan vaksinasi massal. Dari dukungan kami terhadap kegiatan vaksinasi massal di sejumlah daerah, hingga hari ini sudah lebih dari 250 ribu masyarakat yang divaksin. Dengan adanya kegiatan vaksinasi di Purworejo diharapkan semakin meningkatkan jangkauan vaksinasi di Purworejo menuju kekebalan komunal,” jelas Menhub.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat meninjau kegiatan vaksinasi massal di Bagelen, Purworejo

Lebih lanjut Menhub mengungkapkan, dengan telah dilakukan soft opening Kereta Bandara Yogyakarta International Airport YIA dengan waktu tempuh 40 menit menuju kota Yogyakarta maka diharapkan Kabupaten dan Purworejo sebagai daerah terdekat dari Bandara memperoleh manfaat dari kehadiran KA Bandara tersebut. Menhub menilai Kabupaten Purworejo memiliki banyak potensi untuk terus dikembangkan.

“Dengan semakin banyaknya masyarakat yang melakukan vaksin, diharapkan akan tercipta kekebalan komunal atau herd immunity terhadap virus Covid-19. Yang diharapkan dapat segera memulihkan dan menggerakan kegiatan ekonomi dan aktivitas masyarakat akan kembali normal menuju Indonesia Maju,” jelas Menhub.

Sementara itu, Wakil Bupati Purworejo Yuli Hastuti menyambut baik kegiatan vaksinasi yang dilakukan di wilayahnya. Menurutnya, kolaborasi yang dilakukan antara pemerintah pusat, daerah, TNI, Polri, dan segenap stakeholders,diharapkan dapat segera menurukan angka penyebaran Covid di Kabupaten Purworejo.

Anggota Komisi V DPR RI Sujadi yang turut hadir dalam kegiatan ini, menyampaikan apresiasi karena dapilnya bisa mempunyai kesempatan diselenggarakan kegiatan vaksinasi massal . Ia berharap, Kabupaten Purworejo bisa segera bebas dari penyebaran Covid-19.

Selain gerakan vaksinasi, Kemenhub bersama stakeholder Jasa Raharja dan Pertamina memberikan 500 paket bantuan “Bakti Untuk Negeri” kepada perwakilan masyarakat penerima vaksin, pengemudi ojek online, supir angkot, dan pedagang. Selain itu, Kemenhub memberikan helm secara simbolis kepada perwakilan guru, pelajar, dan siswa. Selanjutnya, untuk mendukung program Buah Nusantara maka diberikan Paket Buah Nusantara secara simbolis kepada para tenaga kesehatan yang bertugas.

Menhub juga meninjau pelaksanaan program padat karya yaitu perbaikan Masjid Santren Syech Baidlowi, Kabupaten Purworejo, kerjasama dari Kemenhub melalui Ditjen Perhubungan Udara dan PT. Angkasa Pura 1. Program padat karya ini melibatkan masyarakat sekitar Kabupaten Purworejo.

Turut mendampingi dalam kegiatan tersebut Wakil Bupati Purworejo Yuli Hastuti, Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setiyadi, Dirjen Perkeretaapian Zulfikri, Ketua DPRD Kabupaten Purworejo Dion A. Setiabudi, Anggota Komisi V DPR RI Sujadi, Dirut Angkasa Pura I Faik Fahmi, segenap unsur TNI, POLRI, Muspida, dan stakeholder terkait. (P24/Nuh)

Please follow and like us: