Menjelang Lebaran Rumah Sumarno Ludes Terbakar

oleh -

BAGELEN, purworejo24.com – Nasib kurang beruntung dialami Sumarno salah satu warga Desa Dadirejo Kecamatan Bagelen Kabupaten Purworejo. Rumahnya dilalap habis si Jago Merah H-1 menjelang lebaran 1442 H hingga rata dengan tanah.

Kasie Damkar Purworejo Rubino, menjelaskan dalam keterangan tertulisnya kejadian kebakaran kebakaran rumah Sumarno pukul 16.10 Wib. Rumah yang terbakar habis tersebut beralamat lengkap di Desa Dadirejo Rt 01/Rw 01, Kecamatan Bagelen, Kabupaten Purworejo.

“Pelapor bernama pak Ngadimin, kita terima berita pukul 16.35 WIB selanjutnya Berangkat pukul 16.38 WIB, Sampai tempat kejadian pukul 17.00 WIB,” katanya.

Petugas damkar mendinginkan sisa rumah yang terbakar menjelang lebaran

Kronologis kejadian bermula saat Sutarman (38) yang mengalami gangguan mental yang merupakan adik dari pak Sumarno (pemilik rumah) memasak air dengan tungku. Diduga akibat percikan api dari tungku menyembabkan api merambat dan membakar rumah.

“Kita mengerahkan 1 unit Damkar dengan 8 personil sedikit kendala karena jaraknya yang jauh,” katanya.

Regu piket setelah menerima laporan langsung berangkat ke lokasi untuk penanganan. Sampai lokasi dengan bantuan 1 unit tanki suplai dari Pt Gawi Maju Karsa, kemudian anggota Damkar melakukan penyemprotan dan pendinginan. Pendinginan tersebut menghabiskan 1 tanki Damkar dan 1 tanki suplai.

“Setelah dipastikan api tidak menyala lagi, situasi dinyatakan aman kemudian tim pengecekan peralatan selanjutnya tim kembali ke Mako,” katanya.

Diperkirakan kebakaran tersebut pak Sumarno mengalami kerugian hingga jutaan rupiah karena rumahnya tak bisa ditinggali lagi setelah terbakar habis. (P24-Bayu)