Kementerian Perhubungan Akan Bangun Terminal Terpadu di Purworejo

oleh -
Bupati Purworejo H Agus Bastian melakukan pertemuan dengan Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan RI Irjen Pol Drs Budi Setiyadi di Jakarta, Selasa (25/5/2021).
Bupati Purworejo H Agus Bastian melakukan pertemuan dengan Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan RI Irjen Pol Drs Budi Setiyadi di Jakarta, Selasa (25/5/2021).

JAKARTA, purworjeo24.com – Kabupaten Purworejo akan segera memiliki Terminal Tipe A yang nantinya akan dikembangkan menjadi terminal terpadu dengan basis transit orianted development (TOD). Terminal terpadu ini akan memiliki multifungsi, tidak hanya terminal tetapi juga dapat berfungsi sebagai perkantoran, pusat bisnis, pusat perbelanjaan dan aktifitas penunjang ekonomi lainnya.
Hal itu diketahui usai Bupati Purworejo H Agus Bastian S.E., M.M., melakukan pertemuan dengan Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan RI Irjen Pol Drs Budi Setiyadi S.H., M.Si., di Jakarta, Selasa (25/5/2021). Turut hadir Ketua DPRD Dion Agasi Setiabudi S.I.Kom., M.Si., beserta ketiga Wakil Ketua DPRD Purworejo, Sekda, Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setda sekaligus Plt Kepala Dinhub, Kepala Dinas PUPR, dan beberapa pejabat terkait.

“Purworejo akan dibangunkan Terminal Tipe A oleh Kementerian Perhubungan. Lokasinya di depan Mapolres Purworejo. Kita sudah sharing tanah dan sudah kita serahkan ke pemerintah pusat. Terminal ini nanti akan multifungsi, tidak hanya terminal tetapi juga bisa sebagai perkantoran, pusat bisnis, UMKM dan sebagainya untuk menggerakkan ekonomi di Purworejo. Bisa juga untuk sport center karena dekat dengan GOR,” kata Sekda Purworejo Drs. Said Romadhon.

Dijelaskan jika tahun ini pembangunan terminal akan dimulai dengan proses pemadatan tanah karena harus ditinggikan 1,5 meter. Purworejo yang terletak di segitiga perlintasan antara jalur dari barat, timur dan dari utara memang membutuhkan pengembangan layanan transportasi yang baik.

“Harapannya Purworejo menjadi daerah yang ramai, pusat transportasi yang baik dan ekonominya berkembang,” imbuhnya.

Ketua DPRD Purworejo Dion Agasi berharap, status tanah yang telah dihibahkan itu dapat segera dibangun oleh pemerintah pusat menggunakan APBN. Dirinya juga berharap agar proses pembangunan terminal terpadu ini tidak berlarut-larut, dikarenakan harus menunggu pihak swasta.

“Harapan kami terminal Tipe A ini dapat sebagai pusat keramaian  baru di Kabupaten Purworejo, dan bisa untuk sarana pemuda dan olahraga,” kata Dion.

Sementara itu, Bupati Agus Bastian berharap kawasan terminal Tipe A ini dapat disatukan dengan hotel, mall yang tentunya memiliki lokasi yang strategis karena berada dijalan utama. Dengan hadirnya terminal ini juga dapat sebagai penunjang tranportasi ke YIA, kawasan BOB dan Bendungan Bener.

“Saya berharap ini benar-benar dapat terealisasi. Purworejo memang berada di kawasan segitiga emas.  Peluang ini hendaknya dapat kita manfaatkan demi untuk peningkatan perekonomian Kabupaten Purworejo,” pungkasnya.(P24/Nuh-Hms)

Please follow and like us: