43 Desa di Purworejo Akan Lakukan Pilkades Serentak pada Mei 2021

oleh -0 views
Kantor Dinpermades Kabupaten Purworejo
Kantor Dinpermades Kabupaten Purworejo

PURWOREJO, Purworejo24.com – Dinas Pemberdayaan Masyaraka dan Desa (Dinpermades) Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah akan menggelar penyelenggaraan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak Mei 2020 mendatang. Tercatat ada 43 desa yang akan melaksakan Pilkades serentak dan pelantikan rencana akan dilaksanakan pada Juni 2021.

Kepala Dinpermades Kabupaten Purworejo, Agus Ari Setiyadi kepada purworejo24 mengatakan, tahapan Pilkades akan dilakukan mulai tanggal 19 Januari 2021 nanti.

“Kami sudah tetapkan tanggal penyelenggaraan Pilkades serentak di tanggal 3 Mei 2021 mendatang,” kata Agus Ari, Rabu (6/1/2021).

Dijelaskan, sebagai langkah awal, pada tanggal 19 Januari 2021 akan dilakukan pengarahan kepada desa peserta yang diikuti oleh pejabat kepala desa dan Badan Permasyarakatan Desa (BPD). Dalam kesempatan itu akan disosialisasikan menggenai tahapan dan kelengkapannya.

“Kebetulan saat pertemuan nanti, kepala desa yang dihadirkan itu sudah dijabat oleh pejabat sementara,” jelas Agus.

Ditambahkan, jika desa yang akan mengikuti pilkades serentak ini pejabat kadesnya telah mengakhiri masa jabatannya terhitung mulai dari Desember 2019-Januari 2021. Dan hari terakhir masa jabatan adalah kemarin.

“Ada 22 desa yang telah selesai masa tugasnya,” imbuh Agus.

Disinggung soal dana penyelenggaraan pilkades, Agus menyebut jika Pemkab sudah menganggarkannya. Dan mulai awal Februari besok, desa sudah bisa melakukan permohnan untuk pencairan. Terkait salah satu syarat pencalonan kepala desa, Agus mengatakan jika kades lama masih bisa mendaftarkan diri dengan catatan yang bersangkutan baru menjabat dua periode. Sedangkan yang sudah melakoni jabatan selama 3 periode walaupun terjeda waktunya tidak diperkenankan mencalonkan kembali.

“Katakan jabatan lama sudah dua periode, dan masuk ke periode ketiga kalah kemudian terpilih di pilkades selanjutnya itu sudah dihitung 3 periode,” imbuh Agus.

Kasi Kapasitas Pemerintahan Desa (Pemdes) Dinpermades Purworejo, Ruswiany Januari Astuti mengatakan dari ke-43 desa yang akan mengadakan Pilkades, Kecamatan Bayan dan Ngombol menjadi yang paling banyak di mana masing-masing digelar di lima desa.

Sementara di Kecamatan Bagelen, Butuh dan Bener akan diselenggarakan di empat desa. Untuk Kecamatan Kemiri, Purwodadi dan Pituruh masing-masing 3 desa, sementara yang diadakan di 2 desa ada di Kecamatan Kaligesing, Loano dan Purworejo serta Gebang. Sedangkan untuk Kecamatan Banyuurip, Bruno dan Kutoarjo masing-masing 1 desa.(P24-Drt)