KOPISISA Gelar Lomba Cipta Cerpen dan Puisi, Inilah Daftar Juaranya

oleh -0 views
Lomba Baca Puisi Daring KOPISISA. (Dok Oktober 2020)
Lomba Baca Puisi Daring KOPISISA. (Dok Oktober 2020)

PURWOREJO, purworejo24.com – Pandemi Covid-19 tidak menghalangi para seniman untuk terus berkreasi. Demikan juga dengan  Kelompok Peminat Seni Sastra (KOPISISA) Purworejo yang rutin tiap tahun mengadakan lomba sastra. Usai mengadakan Lomba Baca Puisi Daring, pada Oktober 2020 lalu, KOPISISA kembali menyelenggarakan Lomba Cipta Cerpen dan Puisi 2020.

Lomba ini menurut Ketua KOPISISA, Soekoso DM sebagai wujud konsistensi aktifitas tahunan. Dalam masa pandemi Covid-19, pelaksanaan lomba pun menyesuaikan dengan kondisi yang ada. Namun hal ini tidak mengurangi antusias peserta. Dari sekitar seratus peserta yang mengikuti lomba kali ini, terpilih masing-masing 10 orang juara untuk tiap kelompok.

“Dalam durasi 40 hari Lomba Cipta Cerpen, telah diikuti oleh 34 peserta kelompok Anak (SD-SLTP) dan 34 kelompok Dewasa (SLTA & Umum). Sedang Cipta Puisi diikuti  17 peserta kelompok Anak dan 21 peserta kelompok Dewasa”, jelas Soekoso DM.

Tim Juri dalam lomba kali ini adalah Junaedi Setiyono (novelis), R. Iman Tjiptadi (penyair) dan Purnomo Purbha (Aktifis Kopisisa). Untuk tiap jenis lomba menetapkan 10 pemenang, yang terdiri dari 3 Juara, 2 Juara Harapan dan 5 Penulis Berbakat.

“Ditinjau dari segi kualitas karya, baik Cerpen maupun Puisi, dari sejumlah peserta, terdapat sekitar 15% yang sudah dipandang memiliki potensi sebagai calon penulis/sastrawan, dan selebihnya masih merupakan penulis pemula yang masih harus terus berlatih” ungkap Soekoso DM.

Selanjutnya, para pemenang diundang untuk hadir mengikuti penyerahan tropi, piagam dan hadiah pada Minggu (10/1/2021) di Sanggar Bakti Pramuka, Jalan Tentara Pelajar 230 Purworejo. Berbeda dengan tahun lalu, acara kali ini dilaksanakan mengikuti protokol kesehatan karena masih dalam masa Pademi Covid-19.

“Acara dilaksanakan sesuai Protokol Kesehatan, dilakukan secara bertahap, yaitu kelompok anak dijadwalkan pukul 09.00-10.00 WIB, sedangkan kelompok dewasa pukul 10.00- 11.00 WIB”, jelas Soekoso DM.

Soekoso menambahkan, Kelompok Peminat Seni Sastra KOPISISA Purworejo, yang dinakhodai bersama oleh Soekoso DM dan Maskun Artha sebagai sekretaris ini, berdiri sejak 28 April 1979.  Dalam usianya yang lebih dari 40 tahun, KOPISISA tetap konsisten bergiat di jagat kesastraan dengan berbagai bentuknya, dan telah melahirkan sejumlah penulis/sastrawan yang layak dicatat dalam khasanah sastra nasional. KOPISISA juga mempunyai moto “Seni mengutuhkan Hidup Manusia, Sastra memperluas Cakrawala (P24-Nuh)

Info Hasil Lomba CIPTA CERPEN KOPISISA 2020 kelompok anak
Info Hasil Lomba CIPTA CERPEN KOPISISA 2020 kelompok anak

 

Info Hasil Lomba CIPTA CERPEN KOPISISA 2020 kelompok dewasa
Info Hasil Lomba CIPTA CERPEN KOPISISA 2020 kelompok dewasa
Info Hasil Lomba CIPTA PUISI KOPISISA 2020 kelompok anak
Info Hasil Lomba CIPTA PUISI KOPISISA 2020 kelompok anak
Info Hasil Lomba CIPTA PUISI KOPISISA 2020 kelompok dewasa
Info Hasil Lomba CIPTA PUISI KOPISISA 2020 kelompok dewasa