Liburan Natal dan Tahun Baru, Tempat Wisata di Kabupaten Purworejo Ditutup Total

oleh -0 views
Pemkab Purworejo melakukan penutupan obyek wisata pada liburan Natal dan Tahun-Baru 2020.
Pemkab Purworejo melakukan penutupan obyek wisata pada liburan Natal dan Tahun-Baru 2020.

PURWOREJO, purworejo24.com – Pemerintah Kabupaten Purworejo melalui Surat Edaran bernomor 443/8800/2020 yang diberikan kepada seluruh pengelola wisata dikabupaten Purworejo menghimbau untuk menutup seluruh tempat wisata di kabupaten Purworejo. baik wisata alam maupun wisata buatan yang dapat menimbulkan kerumunan.

Pelarangan aktivitas atau operasional seluruh tempat wisata tersebut dilakukan demi mengantisipasi gelombang kedua serangan wabah Covid-19 di Purworejo. Tidak hanya sebagian, seluruh tempat wisata akan ditutup kurang lebih sekitar 2 minggu ke depan. Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Purworejo Agung Wibowo menjelaskan bahwa di Purworejo terdapat puluhan objek wisata yang akan ditutup. Hal tersebut terpaksa dilakukan menjelang libur natal dan tahun baru karena melihat situasi hari ini virus Covid-19 semakin melonjak. Serta sebagai upaya antisipasi meluasnya virus tersebut.

“Total semua sekitar 50 – 60-an, kebijakan ini terpaksa kami tempuh sebagai upaya mengantisipasi penyebaran Covid-19 saat libur panjang akhir tahun ini,” katanya kepada purworejo24.com pada Rabu (23/12/2020)

Tempat wisata yang ditutup berlaku untuk wisata alam maupun buatan, termasuk wisata desa yang kian marak bermunculan dengan konsep wahana untuk swafoto yang dipadu dengan nuansa lokalitas dan keunikan masing-masing desa. Penutupan itu sendiri rencananya diberlakukan efektif, mulai Kamis (24/12/2020), hingga Senin (04/01/2021). Pihaknya mengatakan jika ada yang melanggar pemkab akan melakukan penindakan tegas.

“Ada SE Bupatinya dan kita Tindak lanjuti dengan surat. Sanksinya jelas ada dari peringatan sampai dengan penutupan (tempat wisata),” katanya.

Saat ini dari peta sebaran kasus baru Covid-19 di Purworejo sudah merata di semua kecamatan. Informasi terakhir jumlah masyarakat yang terinfeksi virus ini sudah di angka 2.000-an lebih. Tetcatat hari ini saja terdapat 96 orang terkonfirmasi positif Covid-19, 96 orang konfirmasi positif tersebut berasal dari berbagai klaster dan kecamatan. Dengan penambahan itu, total konfirmasi positif Covid-19 hingga saat ini mencapai 2.162 kasus. Sebanyak 1.696 orang di antaranya dinyatakan sembuh atau selesai isolasi. (P24-Bayu)