Kejari Purworejo Musnahkan Barang Bukti 46 Perkara

oleh -0 views
Kajar memecahkan botol miras sebagai tanda memulai pemusnahan barang bukti.
Kajar memecahkan botol miras sebagai tanda memulai pemusnahan barang bukti.

PURWOREJO, purworejo24.com – Kejaksaan Negeri Purworejo melakukan pemusnahan barang bukti narkotika, miras dan senjata tajam. Barang bukti yang dimusnahkan itu berasal dari 46 perkara yang telah berkekuatan hukum tetap di mana jaksa menjalankan isi putusan pengadilan.

Kegiatan pemusnahan barang bukti itu dipimpin Kepala Kejaksaan Negeri Purworejo, Kasatres Narkoba Polres Purworejo bersama Kepala
Satpol PP dan Damkar Kabupaten Purworejo beserta jajaran pegawai kejaksaan negeri lainnya. Kegiatan tersebut dilakukan dihalaman kejaksaan negeri setempat.

“Kami melaksanakan kegiatan pemusnahan barang bukti yang berkekuatan hukum tetap,” kata DB Susanto, Kepala Kejaksaan Nwgeri Purworejo kepada Purworejo24.com usai kegiatan, Kamis (03/12/2020).

Pemusnahan barang bukti di Kejaksaan Negeri Purworejo, (03/12/2020)
Pemusnahan barang bukti di Kejaksaan Negeri Purworejo, (03/12/2020)

Kajari menambahkan, kegiatan pemusnahan barang bukti, merupakan agenda rutin Kejaksaan Negeri Purworejo sebagai tindak lanjut tugas dan kewenangan Jaksa selaku eksekutor dalam melaksanakan amar putusan terkait barang bukti yang perkaranya telah memperoleh kekuatan hukum tetap. Barang bukti tersebut berasal dari tindak pidana umum dan tindak pidana khusus yang ditangani kejaksaan.

“Barang Bukti ini kita kumpulkan dari periode tahun 2019 dan tahun 2020,” katanya.

Kegiatan pemusnahan barang bukti narkotika ini juga merupakan upaya Kejaksaan Negeri Purworejo dalam mendukung program pemerintah meminimalisir dan mengantisipasi maraknya peredaran Narkoba. Selain itu kegiatan ini juga sebagai upaya Kejari Purworejo dalam mewujudkan penyelenggaraan negara yang baik, yaitu transparan, efektif dan efisien, akuntabel, serta dapat dipertanggungjawabkan.

“Barang Bukti yang dimusnahkan antara lain narkotika, miras, senjata tajam. Miras sendiri ada sekitar 150 an botol yang kami musnahkan kali ini,” katanya.

Barang bukti yang dimusnahkan antara lain 150 botol miras, total 3,9 gram narkotika jenis sabu, 1.021 butir obat terlarang daftar G, peralatan sabu, dan benda milik para pelaku kejahatan. Pemusnahan dilakukan dengan cara digelas dengan alat berat, dibakar, dipotong, dan dilarutkn untuk barang bukti jenis narkotika.

Lebih lanjut Susanto menambahkan jumlah perkara yang ditangani Kejari Purworejo memang menurun dikarenakan adanya pandemi Covid-19 ini. Namun tindak kejahatan ekonomi mengalami kenaikan yang juga disebabkan oleh pandemi Covid-19.

“Khususnya di ekonomi ada peningkatan,walaupun secara keseluruhan total perkara berkurang,” tandasnya. (P24-Bayu)