Libur Panjang, Penumpang KA di Daop 5 Purwokerto Meningkat

oleh -
oleh
Penumpang KA saat libur panjang
Penumpang KA saat libur panjang
Selamat Idul Fitri

PURWOREJO, purworejo24.com – Jumlah penumpang kereta api dalam masa libur panjang terus meningkat dari hari ke hari terhitung sejak satu minggu yang lalu. Peningkatan tersebut terpantau di wilayah Daop 5 Purwokerto di beberapa stasiun pemberangkatan.

Manager Humas PT KAI Daop 5 Purwokerto, Supriyanto menjelaskan, pada masa liburan panjang ini, di wilayah Daop 5 Purwokerto, sudah berjalan beberapa kereta api. Kereta api menjadi moda transportasi paling diminati masyarakat sampai saat ini.

Beberapa kereta yang melayani perjalanan yang melewati Daop 5 Purwokerto antara lain :

1. KA Kamandaka, relasi Purwokerto – Semarang Tawang pp
2. KA Joglosemarkerto, relasi Solo – Purwokerto – Tegal – Semarang Tawang – Solo pp
3. KA Serayu Pagi, relasi Purwokerto – Kroya – Kiaracondong – Pasar Senen pp
4. Kutojaya Selatan, relasi Kutoarjo – Kiaracondong pp
5. KA Serayu Malam, relasi Purwokerto – Kroya – Kiaracondong – Pasar Senen pp
6. KA Wijayakusuma, relasi Cilacap – Surabaya Gubeng- Ketapang pp
7. KA Argo Lawu, relasi Gambir – Purwokerto – Solo pp.
8. KA Jayakarta, relasi Pasar Senen – Purwokerto – Surabaya Gubeng pp
9. KA Bima, relasi Gambir – Malang pp
10. KA Turangga, relasi Bandung – Surabaya Gubeng pp
11. KA Mutiara Selatan, relasi Bandung – Surabaya Gubeng pp
12. KA Bengawan, relasi Pasar Senen- Purwokerto – Lempuyangan PP
13. KA Kahuripan, relasi Blitar – Pasar Senen pp
14. KA Argo Wilis, relasi Bandung – Surabaya Gubeng pp
15. KA Argo Dwipangga, relasi Solo Balapan- Gambir pp
16. KA taksaka, relasi Yogyakarta- Gambir pp
17. KA Prameks Kutoarjo – Solo / Yogya (4 KA )
18. KA Bandara, relasi Kebumen – Yogyakarta pp (2 KA)

“Transportasi Kereta api merupakan moda yang aman digunakan selama pandemi karena telah menerapkan protokol yang ketat,” katanya kepada purworejo24.com pada Kamis (29/10/2020)

Pihaknya menambahkan daftar dan jadwal perjalanan KA bisa dilihat serta dipesan tiketnya melalui aplikasi KAI Access. Dari pantauan, mulai tanggal 27 dan 28 Oktober 2020 terdapat peningkatan jumlah penumpang KA, baik yang naik maupun turun di wilayah Daop 5 Purwokerto.

Tanggal 22 naik 1.746 turun 1.786
Tanggal 23 naik 2.001 turun 2.457
Tanggal 24 naik 2.078 turun 2.359
Tanggal 25 naik 2.994 turun 2.543
Tanggal 26 naik 2.112 turun 2.127
Tanggal 27 naik 2.237 ; turun 3.876
Tanggal 28 naik 2.752 ; turun 4.749

“Meskipun terdapat himpunan atau kerumunan banyak orang, namun Kereta Api tidak menjadi klaster penyebaran Covid-19 berkat adanya penerapan protokol kesehatan. Pelanggan diwajibkan mematuhi protokol kesehatan seperti penggunaan masker, physical distancing, dan mencuci tangan, serta memberikan perlindungan khusus untuk petugas frontliner,” katanya.

Penumpang diharuskan untuk mengikuti Surat Edaran (SE) Gugus Tugas No. 9 tentang Kriteria dan Persyaratan Perjalanan Orang Dalam Masa Adaptasi Kebiasaan Baru Menuju Masyarakat Produktif dan Aman Covid-19. Dalam poin F Surat Edaran No. 9 mengenai kriteria dan persyaratan, tertulis bagi setiap orang yang akan melakukan perjalanan menggunakan transportasi umum baik melalui darat, udara, laut, hingga kereta api, wajib membawa hasil tes PCR atau rapid test yang berlaku selama 14 hari.

“Kami pun mengikuti rekomendasi dari Gugus Tugas Nasional untuk penggunaan face shield sebagai perlindungan tambahan. Face shield kami berikan secara cuma-cuma bagi pelanggan KA Jarak Jauh,” ungkap Supriyanto.

Pembersihan seluruh rangkaian kereta se-usai beroperasi rutin KAI lakukan menggunakan cairan pembersih yang mengandung disinfektan. KAI juga menugaskan petugas kebersihan di kereta untuk menyeterilkan bagian dalam kereta yang sering tersentuh oleh pelanggan tiap 30 menit sekali.

“Kami terus mengkampanyekan gerakan Mencuci tangan, Memakai masker, dan Menjaga jarak (3M) kepada seluruh pelanggan dan pegawai,” ujar Supriyanto.

Seluruh protokol tersebut kami lakukan untuk menjadikan kereta api sebagai angkutan massal yang aman, nyaman, selamat, dan tetap bisa menjaga kesehatan para pelanggan dan pegawai,” pungkas Supriyanto (P24-Bayu)