Hujan Guyur Purworejo Semalam, Beberapa Titik di Pituruh Longsor

oleh -3 views
Sejumlah tempat di Pituruh terkena tanah longsor
Sejumlah tempat di Pituruh terkena tanah longsor

PITURUH, purworejo24.com – Hujan yang mengguyur wilayah Kabupaten Purworejo khusuanya di Kecamatan Pituruh sejak pukul 23.00 WIB, Minggu malam, 25/10/2020 mengakibatkan beberapa kejadian bencana alam, yaitu banjir dan tanah longsor.

Diperoleh Informasi dari Kapolsek Pituruh Iptu Sapto Hadi ada beberapa titik lokasi yang terjadi bencana tanah longsor dan banjir. Berikut lokasi kejadian bencana alam di wilayah kecamatan Pituruh :

1. Tanah longsor di di Dusun/Pedukuhan Pencil, Desa Kalijering Kecamatan Pituruh yang mengakibatkan 5 rumah milik 3 keluarga dan jalan  Dusun Kaluduren-Gupit tertutup tanah.

2. Desa Brengkol, Pituruh banjir, posisi air rata-rata 1 meter, sudah masuk ke rumah warga (mulai pasar Brengkol ke utara sampai dengan sekitar Balai Desa (Dusun Putihan).

3. Desa Sawangan Pituruh jalan-jalan dalam desa sulit diakses karena longsor dan banjir, air mulai menggenangi jalan desa dan 1 dapur terkena tanah longsor.

4. Kaligintung longsor di 3 titik laporan kerusakan belum dapat dipantau.

5. Tanggul Kali Lesung, lokasi sebelah barat SD Pekacangan Pituruh, jebol sehingga terjadi banjir di desa Petuguran dan Pekacangan setinggi 40 -50 cm.

“Sementara itu di  Kedungbatur ada 3 titik longsor. a) Rumah ibu Siti Fatimah RT 02/RW 01, b) Depan rumah bapak Tugino RT 02/RW 01. Akses jalan depan kelongsoran tanah dari bukit atas rumah). Rumah bapak Maniso RT 01/RW 01. Kelongsoran tebing atas rumah,” katanya kepada purworejo24.com pada pada Senin (26/10/2020)

Tidak hanya itu depan rumah bapak Tugino RT 02/RW 01, akses jalan depan tertimbun longsoran tanah dari bukit atas rumah, Rumah bapak Maniso RT 01/RW 01, kelongsoran tebing atas rumah.

6. Tanah longsor yang menimbun rumah pak Paiman Dukuh Silempung RT.01 RW.02 Desa Somogede tidak ada korban jiwa kerugian material sekitar Rp.25 juta. Longsor juga terjadi di dukuh Trukan Kidul RT.01 RW.06 menimpa jalan raya tidak ada korban jiwa.

8. Desa Prapaglor Jembatan  Bengkok penghubung Klimparan ke Bojongan untuk menyebrangi sungai Kedung Gupit.

9. Desa Polowangi Talud roboh, longsor menyebabkan rusak ringan 1 rumah warga kerugian lemari dan  alat pertukangan.

Pihaknya berharap supaya menghindari korban jiwa warga harus memperhatikan kondisi lingkungan yang lokasinya rawan banjir dan tanah longsor. Ia juga menghimbau agar warga masyarakat Pituruh agar hati hati mensikapi mulainya musim penghujan karena di wilayah Pituruh ada dataran rendah dan dataran tinggi/pegunungan.

“Yang rawan banjir dan tanah longsor. Apabila terjadi hujan lebat yg terus menerus maka warga masyarakat yang berada di lokasi rawan agat segera menyelamatkan diri di tempat yang aman,” tandasnya. (P24-Bayu)