Tampung Masukan dari Masyarakat, Bappeda Selenggarakan Purworejo Webinar Series

oleh -0 views
Pjs Bupati Yuni Astuti saat membuka Purworejo Webinar Series.
Pjs Bupati Yuni Astuti saat membuka Purworejo Webinar Series.

PURWOREJO, purworejo24.com – Dalam rangka penyusunan Rancangan Teknokratik (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah) RPJMD Kabupaten Purworejo Tahun 2021-2025, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Purworejo menyelenggarakan Purworejo Webinar Series.  Dalam webinar yang akan diselenggarakan sebanyak lima kali ini, Bappeda juga menampung masukan berupa isu/permasalahan maupun alternative solusi dari masyarakat.

Purworejo Webinar Series pertama dilangsungkan dari kantor Bappeda pada Selasa (13/10/2020) dengan mengambil tema “Management Performance dalam Tata Kelola Pemerintahan Berdaya Saing Kompetitif”. Pjs Bupati Purworejo, Ir. Yuni Astuti usai membuka acara menyatakan bahwa pelaksanaan webinar series ini dilakukan sehubungan dengan berakhirnya RPJMD 2016-2021 serta Pilkada serentak pada 9 Desember 2020, sehingga pemerintah kabupaten perlu menyusun rancangan teknokratik sebagai bahan PRJMD tahun 2021-2026.

Ir. Yuni Astuti dalam kesempatan tersebut juga menyampaikan penyusunan RPJMD ini terpaksa dilakukan secara daring karena masih dalam kondisi pandemik Covid-19.

“Karena masih dalam kondisi pandemik, acara dilakukan daring. Semoga efektif kita laksanakan dan mencapai output yang kita inginkan.” ungkap Yuni Astuti.

Purworejo Webinar Series 2020.
Purworejo Webinar Series 2020.

Sementara itu Kepala Bappeda Purworejo, Ir. Bambang Jati Asmoro, M.T. M.A., menyampaikan Purworejo Webinar Series diselenggarakan oleh Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Purworejo dengan maksud melaksanakan perencanaan pembangunan dengan metode teknokratis-partisipatif, sehingga proses pengambilan keputusan terkait penyelenggaraan pembangunan dan pelayanan publik memiliki dasar informasi yang mendekati sempurna (quasi-perfect).

“Tujuan dari penyelenggaraan Webinar Series #1-5 Tahun 2020 adalah untuk menemukenali isu/permasalahan beserta rumusan alternatif solusi dari masyarakat umum, pihak swasta, maupun akademisi dalam rangka penyusunan Rancangan Teknokratik RPJMD Kabupaten Purworejo Tahun 2021-2025. Diharapkan, dokumen perencanaan untuk 5 (lima) tahun ke depan memiliki ketepatan mutu, waktu, dan anggaran,” kata Bambang Jati Asmoro.

Sementara itu Dr. Nurhadi Susanto, S.H., yang menjadi pemateri dalam webinar seri pertama menyampaikan bahwa pelaksanaan webinar salah satu metode partisipasif untuk mengetahui permasalahan yang ada.

Dosen Magister Administrasi Publik UGM tersebut menyampaikan rancangan teknokratik nantinya akan memunculkan kesepakatan-kesepakatan, permasalahan dan isu strategis apa yang perlu dimunculkan dalam perencanaan. Memang tidak mudah dan idealnya disepakat bersama, karena seringkali mengidentifiksi, pemerintah menjadi selfish

“Pemerintah sudah merasa all out tapi masyarakat belum merasakan manfatnya. nah ini tantangan besar. Ini bisa dihindari dengan metode partispasif. Diantaranya dengan melaksanakan sarasehan ataupun webinar seperti ini. Untuk menggali input yang baik dan mampu mengidentifikasi permasalahan yang belum diselesaikan,” pungkas Nurhadi.

Berikut Agenda Purworejo Webinar Series #1-5 Tahun 2020:

  1. Management performance dalam tata kelola pemerintahan berdaya saing kompetitif

Pembicara: Dr. Nurhadi Susanto, S.H., M.Hum. (Dosen Magister Administrasi Publik UGM)
Waktu: Selasa, 13 Oktober 2020, 09.30 – 11.30 WIB
Tautan pendaftaran: http://bit.ly/WebinarPurworejo1

  1. Membangkitkan sumber daya ekonomi perdesaan guna menyambut YIA

Pembicara: Prof. Dr. R. Rijanta, M.Sc. (Dosen Pembangunan Wilayah, Fakultasi Geografi UGM)
Waktu: Kamis, 15 Oktober 2020, 09.30 – 11.30 WIB
Tautan pendaftaran: http://bit.ly/WebinarPurworejo2

  1. SDM cerdas dan sehat menyambut era Industri 5.0

Pembicara: Ismail Fahmi, Ph.D. (Dosen Teknologi Informasi UII, Founder Drone Emprit & Media Kernels Indonesia)
Waktu: Senin, 19 Oktober 2020, 09.30 – 11.30 WIB
Tautan pendaftaran: http://bit.ly/WebinarPurworejo3

  1. Melestarikan lingkungan hidup, upaya adaptif, dan strategi membangun ketangguhan terhadap bencana

Pembicara: Dr. Sudaryatno, M.Si. (Dosen Sains Informasi Geografi, Fakultas Geografi UGM, & Pemerhati Lingkungan & Kebencanaan)
Waktu: Rabu, 21 Oktober 2020, 09.30 – 11.30 WIB
Tautan pendaftaran: http://bit.ly/WebinarPurworejo4

(P24-Nuh)