Kasus Covid-19 Di Purworejo Masih Fluktuatif

oleh -5 views
Pengambilan sample uji swab di rutan Purworejo
Pengambilan sample uji swab di rutan Purworejo

PURWOREJO, purworejo24.com – Kasus positif Covid-19 di Kabupaten Purworejo masih terus terjadi, dengan jumlah yang fluktuatif. Meskipun dalam tiga hari ini menunjukkan tren menurun, hari ini Rabu (7/10/2020) kembali mengalami kenaikan yang signifikan.
Juru Bicara Protokol Covid-19 Kabupaten Purworejo dr Tolkha Amaruddin Sp THT KL mengungkapkan, hari ini terdapat penambahan kasus positif sebanyak 19 orang. Mereka terdiri dari orang 7 warga Kecamatan Gebang, 5 orang warga Kecamatan Purworejo, 2 orang warga Kecamatan Bagelen, serta warga Kecamatan Pituruh, Ngombol, Bruno, Bener dan Kaligesing masing-masing 1 orang.

“Dengan demikian jumlah pasien terkonfirmasi covid-19 saat ini sebanyak  675 orang. Dengan rincian 8 orang dirawat, 77 orang isolasi mandiri, 25 orang meninggal dan 565 orang selesai isolasi/sembuh. Sedangkan total swab ada 4365 orang, swab negatif 3514 orang, dan menunggu hasil swab 198 orang,” jelasnya.

Lebih lanjut dijelaskan bahwa kunci memerangi Covid-19 adalah semua patuh terhadap 3 M, yaitu menggunakan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan dengan sabun.

“Jika kita semua patuh, akan mampu menekan penularan dalam waktu 3 minggu,” tandasnya.

Tidak hanya fokus pada 3 M, tambahnya, ada hal lain yang harus dilakukan saat ini, yaitu I A I (iman, aman dan imun). Masyarakat didorong meningkatkan imun dengan cara terus beribadah, berdoa, dan berserah diri kepada Tuhan YME sesuai agama dan kepercayaannya masing-masing.

“Hal penting juga agar kita aman maka kita wajib mematuhi protokol kesehatan dengan tetap memakai masker, cuci tangan, dan jaga jarak. Lalu jangan lupa makan makanan bergizi, tidur cukup, berpikir positif, dan bahagia supaya imun kita terjaga. Nanti nb Iman baik, aman penuhi dengan 3 M, imun dengan tidur, makan dan berpikir positif,” jelasnya.(P24-Drt/Hms)