KPU Purworejo: Tak Ada Penundaan, Tahapan Pilkada Tetap Berlanjut

oleh -2 views
Kantor KPU Purworejo
Kantor KPU Purworejo

PURWOREJO, purworejo24.com – Isu penundaan Pilkada yang didengungkan oleh sejumlah pihak, lantaran masih terus bertambahnya kasus positif Covid-19, tidak mempengaruhi Pilkada Purworejo 2020. Tahapan pelaksaan Pilkada tetap berlanjut sesuai agenda yang telah direncanakan.

Hal tersebut ditegaskan komisioner KPU Purworejo Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat (Sosdiklih Parmas) SDM, Akmaliyah, saat dikonfirmasi purworejo24.com, Selasa (22/9/2020).

“Tidak ada penundaan, tahapan tetap berjalan sesuai rencana, dan kita KPU Purworejo sebagai penyelenggara Pemilu, hanya tunduk pada KPU RI,” kata Akmaliyah.

Disampaikan, sejumlah agenda tahapan Pilkada telah disiapkan sedemikian rupa, setelah penyampaian DPS ke PPS pada tanggal 19  September 2020, agenda dilanjutkan dengan penyampaian berita acara verifikasi ke LO dan dilanjutkan bimbingan teknis dana kampanye di aula KPU Purworejo, pada Selasa (22/9/2020) ini.

“Agenda selanjutnya adalah penyerahan SK Penetapan Pasangan Calon pada tanggal 23 September, sekaligus menyerahkan pengantar buka RKDK, Rakor Kampanye dan Dana Kampanye di Hotel Ganesha,” sebutnya.

Untuk tahapan selanjutnya, tambahnya, pengundian nomor urut dan penandatanganan pakta integritas akan dilakukan pada tanggal 24 September 2020, sekaligus penandatanganan rancangan daftar calon di Gedung Ganesha Convention Hall Purworejo. Adapun selanjutnya pada tanggal 25 September akan dilakukan penyerahan Laporan Awal Dana Kampanye (LADK ), 26 September dilakukan Deklarasi Damai dan pada 27 September yaitu Approval Desain APK dan Bahan Kampanye.

“Adapun masa kampanye akan dimulai pada tanggal 26 September hingga 5 Desember 2020. Masa tenang pada tanggal 6, 7, 8 Desember dan pelaksanaan hari pemungutan suara pada tanggal 9 Desember 2020. Himbauan kami untuk penerapan protokol kesehatan dalam melaksanakan atau mengikuti semua tahapan kampanye, bagi para calon dan tim pemenangan Pilbup Purworejo 2020,” pungkasnya.(P24-Drt)