Bakar Sampah Ditinggal Pergi Bikin Geger Warga, Dua Unit Pemadam Kebakaran Datangi Lokasi

oleh -
oleh
Dua unit mobil pemadam kebakaran mendatangi lokasi kebakaran lahan di Dusun Kendal RT 2 RW 3 Desa Purwodadi.
Dua unit mobil pemadam kebakaran mendatangi lokasi kebakaran lahan di Dusun Kendal RT 2 RW 3 Desa Purwodadi.

PURWODADI, purworejo24.com – Warga Desa Purwodadi, Kecamatan Purwodadi, Purworejo, Jawa Tengah, digegerkan dengan api yang membesar dan membakar lahan milik warga pada Rabu (16/9/2020). Beruntung kebakaran itu tak merembet ke pemukiman rumah warga, dan hanya membakar lahan milik warga.

Dua unit mobil pemadam kebakaran milik Satpol PP dan Damkar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purworejo mendatangi lokasi kebakaran lahan di Dusun Kendal RT 2 RW 3 Desa Purwodadi. Kedatangan mereka setelah mendapat laporan dari warga sekitar yang khawatir api yang membesar dan bisa merembet ke permukiman warga.

“Penyebabnya karena ada warga yang membakar sampah dilahan itu, lalu lupa ditinggal pergi,” ungkap Kasi Damkar pada Satpol PP dan Damkar Kabupaten Purworejo, Rubino, kepada purworejo24.com.

Diceritakan, kejadian itu bermula pada Rabu (16/9/2020) siang sekitar pukul 11.00 WIB, warga Desa Purwodadi bernama Bagiono membakar sampah di lokasi tersebut. Setelah membakar sampah Bagiono pergi karena ada keperluan lain.

“Karena ditinggal pergi, api menjadi membesar, dan membakar lahan, warga yang mengetahui hal itu merasa khawatir dan melapor ke unit pemadam Damkar Purworejo,” ujarnya.

Mendapati laporan itu, petugas damkar mendatangi lokasi dengan membawa dua unit mobil pemadam kebakaran. Api pun akhirnya berhasil dipadamkan.

“Setelah api padam, petugas pemadam melakukan pendinginan dan dilanjutkan dengan penyisir lokasi, dan setelah dinyatakan aman maka petugas kembali ke Mako Damkar,” jelasnya.

Tak ada korban jiwa maupun luka dalam kejadian itu, namun api membakar semak dan pepohonan yang ada di lokasi lahan tempat sampah dibakar.(P24-Drt)