Tiga Bapaslon Bupati-Wakil Bupati Purworejo Jalani Pemeriksaan Kesehatan di Klaten

oleh -11 views
Tiga Bapaslon Bupati-Wakil Bupati Purworejo mengikuti pemeriksaan kesehatan di RSUP Dr Soeradji Tirtonegoro Klaten.
Tiga Bapaslon Bupati-Wakil Bupati Purworejo mengikuti pemeriksaan kesehatan di RSUP Dr Soeradji Tirtonegoro Klaten.

PURWOREJO, purworejo24.com – Tiga pasangan Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Purworejo, Kuswanto-Kusnomo, Agustinus Susanto-Rahmad Kabuli dan Agus Bastian-Yuli Hastuti mengikuti pemeriksaan kesehatan di RSUP Dr Soeradji Tirtonegoro Klaten. Pemeriksaan kesehatan dilakukan sebagai salah satu tahapan ketentuan pencalonan dalam pendafatan calon bupati dan wakil bupati di KPU Purworejo.

Akmaliya M.Pd, Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Parmas, SDM dan Kampanye KPU Purworejo, mengatakan, tahap pemeriksaan kesehatan terhadap tiga bapaslon itu dilakukan selama tiga hari mulai Senin (7/9/2020) hingga Rabu (9/9/2020).

“Pada awalnya aturan di PKPU untuk pemeriksaan kesehatan adalah di RS tipe A. Untuk itu KPU Jawa Tengah kemudian mengkoordinir KPU Kabupaten Kota se-Jawa Tengah untuk berkoordinasi dengan RS tipe A yang ada di Jawa Tengah. Akhirnya KPU Purworejo menunjuk RSUP Dr Soeradji Tirtonegoro Klaten,” ungkap Akmaliya.

Selain Purworejo, lanjutnya, ada 4 kabupaten lain yang juga memeriksakan kesehatan Bapaslon di RSUP Dr Soeradji Tirtonegoro Klaten, yaitu kabupaten Purbalingga, Wonosobo, Kebumen, dan Klaten.

Selama tiga hari berturut-turut itu, ketiga Bapaslon menjalani serangkaian pemeriksaan kesehatan. Di hari pertama yakni Senin (7/9/2020) dengan agenda penjelasan teknis serta penyerahan dokumen kesehatan para Bapaslon. Pada Selasa (8/9/2020) Bapaslon menjalani pemeriksaan kesehatan meliputi pemeriksaan BNN, pemeriksaan psikologi, serta wawancara kesehatan jasmani.

“Dan besok mereka akan mengikuti pemeriksaan sampel darah serta Rontgen dan USG abdomen yakni pemeriksaan dengan menggunakan teknologi gelombang suara frekuensi tinggi untuk memeriksa organ utama di bagian perut,” katanya.

Setelah selesai menjalani pemeriksaan kesehatan, pihak RSUP Soeradji Tirtonegoro yang akan menyerahkan berkas tersebut kepada KPU Purworejo untuk selanjutnya dilakukan verifikasi.(P24-Drt)