,

Positif Covid-19 Bertambah Jadi 44, 4 Orang Reaktif Saat Rapid Test di Setda Purworejo

oleh -1.234 views
Pemeriksaan Rapid Test Covid-19 beberapa waktu lalu
Pemeriksaan Rapid Test Covid-19 beberapa waktu lalu

PURWOREJO, purworejo24.com – Pemerintah Kabupaten Purworejo bekerjasama dengan Dinas Kesehatan menggelar Rapid Test untuk Camat se-Kabupaten Purworejo serta di Lingkungan Setda Purworejo. Hal itu dilakukan karena mobilitas camat yang tinggi dan berinteraksi setiap hari dengan masyarakat, membuat mereka beresiko tinggi terpapar Covid-19.

Rapid Diagnostic Test (RDT) dilaksanakan di RSUD Tjokronegoro beberapa waktu yang lalu, Selain para camat, beberapa staf dan pejabat di lingkungan Setda Purworejo juga mengikuti rapid test.

dr. Darus selaku juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Purworejo mengatakan bahwa pihaknya membenarkan bahwa ada pemeriksaan camat se-Kabupaten Purworejo.

“Ada permintaan melakukan Rapid Test untuk camat se-Kabupaten Purworejo,” katanya.

dr. Darus, Juru-bicara Pemerintah Kabupaten Purworejo dalam penanganan Covid-19.jpg
dr. Darus, Juru-bicara Pemerintah Kabupaten Purworejo dalam penanganan Covid-19.jpg

Namun dr Darus tidak menyebutkan hasil dari Rapid Test kepada camat dan sejumlah pegawai di lingkungan Setda Purworejo.

Sementara itu Rita Purnama, Kabag Humas dan Protokol mengungkapkan, dari pemeriksaan tersebut diketahui hasil test beberapa orang di lingkungan Setda Purworejo menunjukkan Reaktif Covid-19. Meski demikian Rapid Test belum tentu yang bersangkutan Positif Covid-19.

“Kan sudah saya rilis yang positif ada 4 (orang),” katanya kepada purworejo24.com pada Selasa (05/05/2020)

Namun Rita tidak menyebutkan secara jelas identitas dan jabatan dari 4 orang yang reaktif saat Rapid Test. Rita menyatakan, setelah diketahui bahwa hasilnya Reaktif Covid-19, keempat orang tersebut langsung menjalani test lanjutan yaitu Swab Test dan mereka mengisolasi mandiri di rumah masing-masing.

Sementara itu jumlah pasien Covid-19 di Purworejo sampai hari ini mengalami kenaikan menjadi 44 orang. Hari ini penambahan terkonfirmasi positif Covid-19 adalah ibu dan anak dari pasien positif kluster Gowa.

“Ya mas, 2 dari keluarga Klaster Gowa Kutoarjo, Ibu dan anak,” katanya kepada purworejo24.com.

Sudaryono, Camat Purworejo, mengatakan bahwa, sebagai pimpinan kecamatan memang memiliki aktivitas tinggi sehingga perlu kontrol kesehatan.

“Setiap hari sebagai camat kami harus berinteraksi dengan warga untuk memastikan kondisi mereka dan wilayah kami. Setiap malam juga keliling untuk mengingatkan masyarakat agar patuh pada imbauan pemerintah,” pungkasnya.(P24-Bayu)