Ditinggal Jaga Pos Siaga Covid-19, Dapur Rumah Dilalap Api

oleh -1.886 views
Kebakaran di Desa Tlogokotes, Kecamatan Bagelen, Purworejo
Kebakaran di Desa Tlogokotes, Kecamatan Bagelen, Purworejo

Bagelen, purworejo24.com – Nasib malang dialami oleh Cokro Kusumo (60) warga Dusun Tlogo RT 02/RW 03, Desa Tlogokotes, Kecamatan Bagelen, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah. Saat ditinggal jaga di Pos Siaga Covid-19 Desa Tlogokotes, dapur rumahnya dilalap api hingga separo dari bangunan yang ada, Senin (04/05/2020) siang. Beruntung tak ada korban jiwa maupun luka dalam peristiwa tersebut, namun diperkirakan menderita kerugian material hingga jutaan rupiah.

Diungkapkan oleh pemilik rumah, Cokro Kusumo, bahwa dia tidak tahu persis peristiwa tersebut terjadi. Sebab saat kejadian sekitar pukul 12.00 WIB dirinya sedang bertugas di Pos Siaga Covid-19 Desa Tlogokotes, guna melakukan upaya pencegahan terhadap penyebaran Virus Corona (Covid-19) di desanya.

Dikatakan, menurut keterangan istri Cokro,  Sutini (55), peristiwa kebakaran yang terjadi di dapur rumahnya itu diketahui saat istrinya pulang dari mencari pakan kambing miliknya. Lantas Sutini berteriak minta tolong dan didengar oleh para tetangga.

“Lantas beberapa tetangga dan Perangkat Desa Tlogokotes berdatangan untuk membantu memadamkan kobaran api dengan air maupun peralatan seadanya. Hingga akhirnya api dapat dipadamkan, dan tak sampai melalap bagian rumah utamanya,” katanya.

Kebakaran di Desa Tlogokotes, Kecamatan Bagelen, Purworejo
Kebakaran di Desa Tlogokotes, Kecamatan Bagelen, Purworejo

Lebih jauh dijelaskannya, bahwa dari keterangan sang istri, sebelum ditinggal pergi untuk mencari pakan kambing api telah dimatikan dengan cara kayu yang telah terbakar dikeluarkan dan disiram air.

“Karena pada pagi harinya digunakan untuk memasak makanan untuk sahur dan mengolah legen (nira pohon kelapa untuk membuat gula kelapa). Saat itu tidak ada kayu yang sedang dipanggang di atas tungku, namun diakuinya tak jauh dari tungku terdapat tumpukan kayu kering,” ujarnya.

Tak selang beberapa lama Camat Bagelen, Bambang S Budoto, SSos, beserta jajarannya dan petugas dari Polsek Bagelen sampai di lokasi kebakaran. Pada kesempatan yang sama Camat Bagelen Bambang S Budoto, SSos, juga menyampaikan bantuan sembako kepada keluarga korban.

Cokro Kusumo juga dinilai patut mendapat apresiasi dan dukungan, mengingat saat peristiwa kebakaran itu terjadi dirinya sedang menjalankan tugas mulia yakni ikut menjaga desanya agar tak terkena wabah Virus Corona (Covid-19).(P24-Drt)