, , ,

Satu Lagi, Satu PDP Purworejo Meninggal Dunia

oleh -1.711 views
Persiapan pemakaman PDP dI kecamatan Gebang. (29/4/2020)
Persiapan pemakaman PDP dI kecamatan Gebang. (29/4/2020)

GEBANG, purworejo24.com–Satu Pasien Dalam Pengawasan (PDP) Purworejo dikabarkan meninggal dunia di RSUD Tjitrowardoyo Purworejo, pada Rabu (29/4/2020) petang. Pasien itu berasal dari Desa Pakem Kecamatan Gebang.

Kepala Puskesmas Kecamatan Gebang, Sudiarto, saat dikonfirmasi purworejo24.com, membenarkan hal itu. Jenazah pasien itupun juga telah dimakamkan ditempat pemakaman umum desa setempat pada Rabu (29/4/2020) malam.

“Pasien dinyatakan meninggal pada hari Rabu jam 18.00, saat dirawat di ruang isolasi ICU RSUD Tjotrowardoyo Purworejo,” jelasnya.

Dijelaskan, dari hasil pemeriksaan dokter, pasien diketahui mengalami sakit jantung lemah,  paru-paru ada kotoran dan menurut gejalanya mengarah juga ke covid- 19.

“Dan telah dilakukan swab, dan hasilnya menunggu, belum keluar,” katanya.

Dikisahkan, pasien pada Minggu kemarin sudah mulai mengeluh badan tidak enak sehingga tidak berpuasa, dan malam Seninnya mengalami sakit dan muntah-muntah.

“Senin pagi sekitar jam 6 periksa di klinik Az-Zahra Gintungan Lugosobo dengan keluhan sakit pinggang dan muntah-muntah, lalu diberi obat  (dexanta, ranitidin, voltadek,fasidol). Pada hari Selasa pagi  pasien masih muntah-muntah terus  akhir nya periksa ke Poliklinik Desa Pakem dan diberi tambahan obat,” kisahnya.

Pada Selasa sore, karena kondisi lemah pasien dibawa ke RS Aisyiyah, diperiksa ternyata tensi rendah. Lalu diberi obat ternyata tensi tidak naik. Selepas Isya pasien kemudian dirujuk ke RSUD Tjitrowardojo, dan masuk di IGD.

“Sempat diobservasi  dan malam itu juga langsung di lakukan Rontgen. Lalu Rabu pagi masuk bangsal diruang Dahlia 16. Karena tidak ada perubahan dan memerlukan perawatan intensif, maka pasien dipindah di ruang isolasi ICU, dan pada pukul 18.00 WIB, pasien dinyatakan meninggal dunia,” ujarnya.

Menyikapi hal itu, petugas kesehatan Kecamatan Gebang juga telah melakukan rapid tes terhadap keluarga dan tetangga yang dianggap rentan penyebaran covid 19. Namun hasil rapid tes semua dinyatakan negatif.

“Kami juga melakukan penyemprotan disinfektan di rumah serta tetangga dan lingkungan pasien,” katanya.

Petugas melakukan rapid test pada keluarga PDP di Kecamatan Gebang
Petugas melakukan rapid test pada keluarga PDP di Kecamatan Gebang

Sementara itu, Juru bicara Pemerintah Kabupaten Purworejo dalam penanganan Covid-19, dr Darus menjelaskan, hingga kamis (30/4/2020), belum ada tambahan data covid-19 di Purworejo.

“Sesuai data masih tetap belum ada tambahan,” katanya.

Hingga Kamis (30/4/2020) ini, data yang tercatat terdapat ODP berjumlah 1.977 orang, dengan rincian dalam pantauan 772 orang dan selesai pantauan 1.205 orang. Untuk jumlah PDP adalah 36 orang dengan rincian 2 orang masih dirawat, 28 orang sembuh dan 6 meninggal dunia. Adapun jumlah positif covid 19 berjumlah 35 orang dengan rincian 33 orang dirawat, dan 2 orang dinyatakan sembuh.(p24-Drt)