, ,

Cegah Penyebaran Covid 19, Pengusaha dan Ikatan Apoteker Indonesia Bantu APD

oleh -211 views
Wabup Yuli Hastuti menyerahkan bantuan dari pengusaha dan IAI
Wabup Yuli Hastuti menyerahkan bantuan dari pengusaha dan IAI

GRABAG, purworejo24.com – Guna membantu pencegahan penyebaran covid 19, pengusaha Kutoarjo dan Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) memberikan bantuan alat pelindung diri (APD) kepada Posko Siaga pencegahan covid-19 Kecamatan Grabag.

Bantuan itu diserahkan langsung oleh Wakil Bupati Hj Yuli Hastuti, yang diterima oleh Camat Grabag, Ahmad Zainudin, pada saat melakukan monitoring Posko Siaga Covid-19 di desa-desa di wilayah Kecamatan Grabag pada Minggu (26/4/2020). Bantuan APD medis itu berupa kacamata face shield (pelindung wajah) dari para pengusaha Purworejo Kutoarjo dan bantuan APD medis kelengkapan baju, kacamata face shield, masker serta sarung tangan dari organissai Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) Kabupaten Purworejo.

Penyerahan bantuan APD dari IAI dan Pengusaha Kutoarjo
Penyerahan bantuan APD dari IAI dan Pengusaha Kutoarjo

Yuli Hastuti mengatakan, bantuan ini sangat bagus selain bentuk gorong royong juga saling membantu yang dilakukan para pengusaha dan organisasi IAI Kabupaten Purworejo. Budaya gotong royong harus terus dilestarikan, apalagi dalam memerangi virus corona khususnya di Kabupaten Purworejo. Terutama APD sangat dibutuhkan bagi petugas medis. Termasuk juga di Posko Grabag ini yang langsung berhadapan dengan para pemudik. Petugas Posko memiliki kerentanan karena pemudik rata-rata datang dari daerah merah.

“Untuk itu, saya atas nama Pemerintah Kabupaten Purworejo mengucapkan terimakasih kepada pengusaha Purworejo Kutoarjo dan IAI Kabupaten Purworejo, teriring harapan APD akan dapat digunakan dengan sebaik-baiknya sebagai pelindung dalam melaksanakan tugas baik bagi tenaga medis maupun petugas di Posko siaga covid-19. Bantuan APD tidak untuk semua posko tetapi yang dibantu bagi yang memang tingkat kerentanannya tinggi,” tuturnya.

Dikatakan, Pemerintah Kabupaten Purworejo dalam penanganan corona, telah dilakukan berbagai kebijakan seperti pembentukan gugus tugas percepatan penanganan covid-19, penyediaan fasilitas Rumah Sakit Tjokronegoro untuk pasien dalam pengawasan, penyedian Hotel Ganesha untuk para petugas medis, penyaluran bantuan bagi masyarakat terdampak, juga bantuan untuk posko-posko desa, dan sebagainya.

Sementara itu pengurus IAI Kabupaten Purworejo, Rani Sumadyaningrun mengatakan, bantuan APD sebagai bentuk kepedulian dengan adanya pandemi virus Corona di Kabupaten Purworejo.

“Tujuannya untuk ikut memberikan perlindungan bagi para petugas medis maupun petugas Posko siaga covid-19. Bantuan APD selain untuk Posko kecamatan Grabag juga untuk tenaga medis di Puskesmas,” ujarnya.

Ditambahkan Yeni Dede Iswantini, bantuan APD dari pengusaha Purworejo Kutoarjo diserahkan ke Dinsosduk-KBPPPA sebanyak 150 kacamata face shield. Telah disalurkan ke Posko siaga Grabag sebanyak 5 buah.

 “Penyaluran selanjutnya, akan dikoordinasikan dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Purworejo, agar tepat sasaran,” jelasnya.(P24-Drt/Hms)