,

Gagal Pinjam Ambulans, Basarnas Gadungan Digelandang Petugas

oleh -7.233 views
Seorang pria digelandang petugas karena mengaku sebagai anggota Basarnas
Seorang pria digelandang petugas karena mengaku sebagai anggota Basarnas

PURWOREJO, purworejo24.com – Personil Kantor Basarnas Yogyakarta berhasil mengamankan pria paruh baya yang mengaku sebagai anggota Basarnas gadungan, di Jalan Raya Purworejo-Yogyakarta kilometer 4, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah pada Rabu (22/4/2020) sore. Pria paruh baya atas nama Yudi Triastomo (40) itu ditangkap saat sedang mengendarai sepeda motor di jalan raya.

Humas Basarnas Yogyakarta, Pipit Eriyanto, mengisahkan, kronologis kejadian itu bermula saat pria itu datang ke markas PMI Purworejo untuk meminjam ambulan yang akan di gunakan untuk pemakaman saudaranya yang meninggal.

“Pria ini meminjam ambulans mengatasnamakan anggota Basarnas, namun dari pihak PMI Purworejo tidak yakin dan mengkonfirmasi ke salah satu anggota Basarnas Yogyakarta. Setelah mengkonfirmasi ke salah satu anggota Basarnas Yogyakarta dan ternyata pria ini bukanlah anggota Basarnas,” ungkapnya.

Seorang pria diamanakn petugas karena mengaku sebagai anggota Basarnas (dilinkari merah).
Seorang pria diamanakn petugas karena mengaku sebagai anggota Basarnas (dilinkari merah).

Mendapat informasi tersebut, personil Unit Siaga Basarnas Kulonprogo langsung berkordinasi ke PMI Purworejo untuk menahan pria tersebut sambil menunggu personil Basarnas dari unit siaga Kulonprogo meluncur ke Markas PMI Purworejo. Namun ketika Personil Unit Siaga Basarnas Kulonprogo dalam perjalanan ke markas PMI Purworejo, personil Basarnas yang menggunakan 2 mobil berpapasan dengan pria tersebut di daerah Boro, Purworejo.

“Seketika 2 unit mobil yang digunakan personil Basarnas langsung memutar balik dan mengejar pria yang menggunakan seragam PDL orange tersebut. Sampai di daerah Boro, teaptnya sebelum lampu merah Pendowo, pria yang mengaku sebagai anggota Basarnas ini langsung diberhentikan motornya dan ditangkap oleh personil Basarnas dari Unit Siaga Basarnas Kulonprogo,” kisahnya.

Setelah ditangkap, pria ini dibawa menggunakan mobil Basarnas untuk di bawa ke Kantor Basarnas Yogyakarta di Sedayu Bantul untuk di mintai keterangan.

Di sampaikan, pria paruh baya atas nama Yudi Triastomo ini sudah lama menjadi DPO oleh Basarnas Yogyakarta, karena banyak laporan  dari masyarakat yang diterima oleh Kantor Basarnas Yogyakarta terkait tindak penipuan yang dilakukan pria ini dengan mengatasnamakan anggota Basarnas. Setelah sampai di Kantor Basarnas Yogyakarta pria ini diinterogasi dan selanjutnya diserahkan ke pihak Polsek sedayu Kabupaten Bantul untuk pemyelidikan lebih lanjut.

“Untuk masyarakat yang sudah merasa tertipu oleh Yudi Triastomo agar langsung ke Polsek sedayu Kabupaten Bantul, karena saat ini Yudi sudah ditahan di polsek Sedayu,” pungkasnya.(P24-Drt)