, , ,

PGRI Purworejo Bagikan 20 Ribu Masker dan Ratusan Paket Sembako

oleh -1.215 views
Sejumlah warga menerima bantuan paket sembako dari PGRI Purworejo
Sejumlah warga menerima bantuan paket sembako dari PGRI Purworejo

PURWOREJO, purworejo24.com – Guna membantu pencegahan penyebaran Covid-19 di Kabupaten Purworejo, dan meringankan sedikit beban pemerintah, Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kabupaten Purworejo, menggelar bakti sosial dengan membagikan ratusan sembako dan puluhan ribuan masker ke masyarakat.

Bakti Sosial (Baksos) ini merupakan hasil penggalangan bantuan yang diberikan oleh para Anggota PGRI di Kabupaten Purworejo. Secara simbolis penyerahan bantuan sosial dilakukan oleh Bupati Purworejo, Agus Bastian, berupa 400 paket sembako yang ditujukan kepada tukang becak dan masyarakat tidak mampu terdampak Covid -19, serta 20 ribu masker dengan rincian 10 ribu masker untuk anggota PGRI dan 10 ribu lagi untuk masyarakat Purworejo melalui Posko Covid-19 di Kabupaten Purworejo.

“Dilanjutkan pembagian bingkisan Tali Asih PGRI kepada Warga Sindurjan, diwakili 3 orang perwakilan, dan kepada 3 orang perwakilan Pengurus Paguyuban Tukang Becak (Kompak), serta bingkisan utk jurnalis peliput sebanyak 40 orang di aula gedung PGRI Purworejo,” ungkap Ketua PGRI Purworejo, Irianto Gunawan, di sela acara, Kamis (9/4/2020).

Penyerahan bantuan sembako secara simbolis dari PGRi Purworejo ke tukang ebcak dan masyarakat kurang mampu.
Penyerahan bantuan sembako secara simbolis dari PGRi Purworejo ke tukang becak dan masyarakat kurang mampu.

Tak hanya membagikan paket sembako dan ribuan masker, PGRI juga masih akan melakukan pembagian sembako sebanyak 200 bungkus, yang akan diberikan pada hari Sabtu (11/4/2020) mendatang. Adapun pendistribusian ditujukan kepada tukang becak dengan cara mendatangi pangkalan becak yg ada di daerah Purworejo dan di Kutoarjo sebanyak 150 yang juga akan dilaksanakan pada Selasa (14/4/2020) mendatang.

“Sedangkan 50 bungkus sembako akan dibagikan kepada masyarakat sekitar gedung PGRI Purworejo yang dipandang layak menerima. Untuk pembagian masker sejumlah 20 rb, akan dibagikan bertahap pada setiap Pengurus Cabang PGRI, dan Posko Covid-19 di kabupaten Purworejo,” pungkasnya.

Sementara itu, Bupati Purworejo Agus Bastian, mengatakan, dengan kegiatan itu PGRI hadir untuk memberikan bantuan kepada masyarakat. Dimana bentuk kepedulian sesungguhnya dapat dilakukan oleh semua masyarakat baik individu, organisasi ataupun kelompok, untuk bahu-membahu meringankan beban masyarakat.

“Sebagai wadah bagi para pegawai negeri yang ada, baik KORPRI maupun PGRI Kabupaten Purworejo diharapkan dapat memberikan contoh bagi lembaga atau organisasi lain dalam gerakan sosial,” katanya.

Bastian juga mengharapkan agar masyarakat yang mampu juga bisa memberikan bantuan kepada yang tidak mampu di masing-masing tempat tinggalnya.

“Saya juga tadi mengatakan masyarakat bawah ini butuh vitamin untuk menjaga daya tahan tubuh mereka. Juga alat pelindung diri (APD) berupa masker, hand sanitizer atau sabun untuk cuci tangan. Jadi jangan semua memberikan sembako karena sembako sudah tercover oleh program jaringan pengaman sosial milik pemerintah,” ujarnya.

Mengenai banyaknya masyarakat yang belum memakai masker ketika beraktivitas di rumah, Bastian kembali menegaskan bahwa aturan dari pemerintah harus dipatuhi. Pemakaian masker dan mencuci tangan pakai sabun adalah upaya standar untuk keselamatan bersama.

(P24-Drt)