,

Bermain di Tepi Sungai Bogowonto, Balita Tercebur dan Hanyut

oleh -2.764 views
Pencarian balita tenggelam di Sungai Bogowonto. (8/4/2020)
Pencarian balita tenggelam di Sungai Bogowonto. (8/4/2020)

PURWODADI, purworejo24.com – Diduga akibat lepas dari pengawasan orang tua, seorang anak di Desa Kebonsari, Purworejo Jawa Tengah  dikabarkan tenggelam dan hanyut di sungai Bogowonto.

Balita bernama Muhammad Yusuf (3,5) putra pasangan Zamzani Ismail dan Ayu Siti Zahroh yang tinggal di Desa Kebonsari Kecamatan Purwodadi, Purworejo, Jawa Tengah itu tenggelam saat bermain bersama teman sebayanya di tepi sungai. Kaur Umum Desa Kebonsari, Amri, saat dikonfirmasi purworejo24.com menjelaskan, peristiwa itu terjadi pada pada Rabu (8/4/2020) sore sekitar pukul 15.00 WIB.

“Anak tersebut (korban) sedang bermain bersama teman sebayanya ditepi sungai Bogowonto, kebetulan rumahnya memang berada tak jauh dari sungai. Sementara ibunya masih menyuapi balita lain. Beberapa saat kemudian ibunya mencari anaknya di rumah tetangganya, namun tidak ada. Lalu mencari lagi sampai di tepi sungai dan mendengar teman korban dalam keadaan menangis tersedu di tepi sungai,” ungkapnya.

Tim Basarnas membsrangkatkan 1 regu untuk pencarian balita tenggelam di Sungai Bogowonto. (8/4/2020)
Tim Basarnas membsrangkatkan 1 regu untuk pencarian balita tenggelam di Sungai Bogowonto. (8/4/2020)

Ibu korban (Ayu Siti Yahroh) pun kemudian bertanya kepada anak tersebut, dan didapati informasi bahwa anaknya telah tercebur di sungai dan hilang.

“Mengetahui hal itu, ibunya kemudian mencari dengan menyusurui tepian sungai, namun tidak didapati, lalu melapor ke pihak desa. Bersama warga dibantu tim SAR BPBD Purworejo dan Basarnas Cilacap, melakukan pencarian, namun belum ketemu,” ujarnya.

Sementara itu Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Cilacap I Nyoman Sidakarya mengatakan, Basarnas Cilacap memdapatkan info musibah atas hilangnya balita yang tenggelam di Sungai Bogowonto dari Kades Kebon Sari Pada Rabu (8/4) Pukul 15.55 WIB. Begitu mendapat informasi tersebut pihaknya langsung memberangkatkan satu regu beserta peralatan lengkap di air untuk menggelar Operasi SAR.

“Sementara itu kita juga masih melakukan pencarian di kawasan perkebunan di Kecamatan Karanglewas Kabupaten Purwokerto,” katanya.

Rencana, lanjutnya, Operasi akan di lakukan dengan cara penyisiran dengan menggunakan perahu karet.

“Sarana yang digunakan  diantaranya Rescue Car Carrier, Peralatan SAR Air lengkap, Rubber Boat dan Handy Talky 4 Unit,” pungkasnya.(P24-Drt)