Begini Penampakan Supermoon Terlihat di Langit Purworejo

oleh -984 views
Penampakan Supermoon di langit Lugosobo diabadikan dengan kamera
Penampakan Supermoon di langit Lugosobo diabadikan dengan kamera

PURWOREJO, purworejo24.com – Fenomena alam bulan terlihat lebih besar dan lebih terang dibanding biasanya atau yang biasa disebut supermoon terlihat di Purworejo Jawa Tengah. Bagi yang terlewat momen spesial ini, jangan khawatir, karena supermoon akan hadir kembali 7 Mei 2020, yang bertepatan dengan Hari Raya umat Budha, Waisak.

Dengan cuaca yang mendukung, bulan terbesar dan paling cerah ini terlihat di langit Purworejo pada Selasa (07/04) mulai pukul 22.00 sampai puncaknya pada Rabu (08/04) pada pukul 01.15 dini hari.

Zainul Haq, warga Kelurahan Lugosobo Kecamatan Gebang Kabupaten Purworejo menjelaskan Supermoon tersebut terlihat sangat indah terlihat dari langit Gebang tersebut sempat menjadi tontonan warga sekitar. Warga beramai-ramai melihat fenomena alam tersebut yang terjadi walaupun harus menunggu hingga tengah malam.

“Kita tahu dari media sehingga kita tunggu kemunculannya, saya pun juga sempat mengabadikannya dengan kamera,” katanya kepada purworejo24.com pada Rabu (08/04/2020)

Penampakan Supermoon dilangit Sindurjan dikelilingi lingkaran putih pada pukul 01.15 WIB
Penampakan Supermoon di langit Sindurjan dikelilingi lingkaran putih pada pukul 01.15 WIB

Sementara itu Subhan Romadhan warga Sindurjan yang rela menunggu datangnya fenomena alam yang langka tersebut bersama teman-temannya juga menyaksikan dan mengabadikannya lewat kamera handphone masing-masing. Warga perantauan asal Banyumas ini yang saat ini mengontrak di   satu kos-kos an yang berada di jalan Kartini ini mengatakan, puncak Supermoon terjadi sekitar pukul 01.15 WIB dini hari.

“Ya sempat saya abadikan dengan kamera HP temen-temen juga saya ajak untuk melihatnya, kebetulan kita banyak juga yang penasaran,” katanya.

Tidak hanya itu kemunculan Supermoon kali ini juga semakin terlihat indah dengan adanya lingkaran putih yang mengelilingi bulan terbesar itu. Lingkaran yang biasanya terlihat pada siang hari tersebut hanya ada pada peristiwa Halo Matahari namun kali ini juga terlihat pada malam yang menakjubkan tadi malam.

“Dibarengi dengan lingkaran putih yang melingkari bulan sungguh kombinasi yang sempurna mas, jarang kita lihat fenomena seperti ini,” tandasnya. (P24-Bayu)