Putus Penyebaran Covid-19, Pemkab Tutup Area Alun-alun Purworejo

oleh -37 views
Gazebo di Alun-alun Purworejo dipasang garis pembatas oleh satpol PP
Gazebo di Alun-alun Purworejo dipasang garis pembatas oleh satpol PP

PURWOREJO, purworejo24.com – Dinas Pariwisata dan Budaya (Dinparbud) Kabupaten Purworejo sementara menutup seluruh area Alun-alun Purworejo, Minggu (22/3/2020). Penutupan dilakukan dalam rangka usaha memutus penyebaran virus corona atau Covid-19.Area Alun-alun seperti play ground dan paseban dinilai berpotensi sebagai tempat-tempat berkumpul orang dalam jumlah banyak. Penutupan seluruh area Alun-alun ditandai dengan pemasangan garis pita kuning oleh petugas Satpol PP dan Damkar Purworejo.

Satpol PP memasang pita kuning sebagai penanda larangan melitnas di sejumlah fasilitas umum di Alun-alun Purworejo
Satpol PP memasang pita kuning sebagai penanda larangan melitnas di sejumlah fasilitas umum di Alun-alun Purworejo

Sebelumnya, Dinparbud juga telah memasang wastafel dan bak tandon air lengkap dengan sabun cair di alun-alun. Ada dua titik pemasangan, yaitu di area playground (sebelah barat alun-alun) dan area sarana olah raga (sebelah timur alun-alun).

“Penutupan sementara alun-alun ini belum bisa dipastikan hingga kapan. Kami akan menunggu hasil evaluasi dari Gugus Tugas Kabupaten,” jelas Kepala Dinparbud, Agung Wibowo AP.

Meskipun telah ditutup, jika ada warga yang kebetulan sedang beraktivitas dekat Alun-alun, masih bisa singgah sementara dan cuci tangan di wastafel tersebut. Sementara itu, Kabag Humas dan Protokol Setda Rita Purnama SSTP meminta agar masyarakat tetap tenang dan jangan panik dalam menghadapi pandemi virus corona di Kabupaten Purworejo,

Masyarakat diminta untuk selalu berperilaku hidup bersih dan sehat. Hindari berjabat tangan serta rajin mencuci tangan dengan sabun. Jaga jarak aman antar individu, serta tunda kegiatan yang melibatkan orang banyak.

Bagi warga yang baru pulang dari luar negeri atau daerah yang telah terpapar virus corona, hendaknya segera melapor kepada RT/RW setempat. Apalagi yang mengalami gejala panas, pilek, batuk dan sesak nafas, agar segera memeriksakan diri ke puskesmas atau rumah sakit terdekat.

“Jangan mudah percaya pada informasi yang bukan dari sumber resmi. Untuk memberikan informasi yang akurat dan terpecaya, Pemkab Purworejo menyediakan data dan informasi real time beserta bahan komunikasi informasi dan edukasi bagi seluruh masyarakat yang dapat diakses melalui website covid19.purworejokab.go.id,” himbau Rita.(P24-Drt/Hms)