Cegah Virus Corona, Polres bersama Dinas Pendidikan Sosialisasikan Cuci Tangan Standar WHO

oleh -30 views
Kapolres bersama Kepala Dindikpora Purworejo memberikan edukasi cuci tangan kepada ratusan siswa dan guru SMPN 15 Purworejo
Kapolres bersama Kepala Dindikpora Purworejo memberikan edukasi cuci tangan kepada ratusan siswa dan guru SMPN 15 Purworejo

PURWOREJO, purworejo24.com – Polres Purworejo menggencarkan sosialisasi pencegahan penularan Virus Corona (Covid-19), khususnya dengan gerakan cuci tangan sesuai standar World Health Organization (WHO). Sosialisasi dimulai dengan menyasar personel Polres Purworejo serta para pelajar.

Pengenalan cuci tangan sekaligus etika batuk yang benar dilakukan oleh Urkes Polres Purworejo usai apel pagi di halaman Polres setempat, Tidak hanya personel, para pejabat utama Polres juga diajak memperagakan satu per satu gerakan cuci tangan.

Paurkes Polres Purworejo, Ipda Warsino AMk, mengatakan cuci tangan yang benar adalah dasar pola hidup sehat yang penting dilaksanakan, khususnya untuk mencegah terjangkitnya Virus Corona. Sesuai standar WHO, cuci tangan yang benar diawali dengan membasahi kedua tangan dengan air bersih mengalir, lalu tuang sabun secukupnya atau gel pembersih. Gosok kedua tangan, sampai ke sela-sela jari, kedua punggung tangan, dan di bawah kuku.

“Kaitkan seluruh jari Anda dengan telapak saling menyentuh, dan gosok bagian dalam, bergantian dua sisi tangan. Kemudian tukar posisi,” kata Ipda Warsino bersama dr Tia Nurani, dokter Urkes Polres Purworejo kepada purworejo24.com usai kegiatan pada Jumat (13/03/2020).

Pengenalan cuci tangan sekaligus etika batuk yang benar dilakukan oleh Urkes Polres Purworejo usai apel pagi di halaman Polres Purworejo
Pengenalan cuci tangan sekaligus etika batuk yang benar dilakukan oleh Urkes Polres Purworejo usai apel pagi di halaman Polres Purworejo

Ia menambahkan, langkah berikutnya yakni kaitkan jari-jari tangan kiri di atas punggung tangan kanan dan gosok bagian punggung tangan bergantian. Gosok jempol kiri menggunakan tangan kanan dengan gerakan memutar, begitu pula sebaliknya.

“Lakukan selama 20 detik. Bilas tangan hingga bersih dengan air yang mengalir, atau diamkan hingga kering gel pembersih,” jelasnya.

Sosialisasi kemudian berlanjut ke SMPN 15 Purworejo dipimpin oleh Kapolres Purworejo AKBP Rizal Marito bersama dengan Kepala Dindikpora Kabupaten Purworejo Sukmo Widi Harwanto. Kegiatan diikuti sekitar 460 siswa, seluruh guru, serta sejumlah anak TK/PAUD dari beberapa sekolah.

Menurut Kapolres, meski Virus Corona belum ditemukan di Purworejo, jajaran Polres Purworejo tetap melakukan sosialisasi terhadap anggotanya dan masyarakat dalam mengantisipasi penyebaran virus tersebut. Guna mencegah Virus Corona, Polres Purworejo juga melengkapi Hand Sanitizer di seluruh sudut kantor, khusunya di ruang pelayanan umum kepada masyarakat.

“Kita memandang perlu memberikan langkah edukasi kepada personel Polres Purworejo maupun masyarakat yang datang ke tempat pelayanan publik di lingkungan Polres Purworejo terkait apa itu virus corona, cara penularan, langkah pencegahan serta tindakan yang dilakukan apabila mengalami gejala terkena virus tersebut,” katanya (P24-Bayu)