Penerimaan Anggota PKD, Bawaslu Tunggu Tanggapan Masyarakat

oleh -14 views
Koordinator Divisi Organisasi, SDM, dan Informasi Abdul Azis saat melakukan pendampingan di beberapa kecamatan
Koordinator Divisi Organisasi, SDM, dan Informasi Abdul Azis saat melakukan pendampingan di beberapa kecamatan

PURWOREJO,purworejo24.com – Setelah sekitar 3 mingguan dibuka, pendaftaran calon anggota Panitia Pengawas Pemilu Kelurahan atau Desa berhasil menjaring seribuan orang. Para pendaftar tersebut harus melakukan proses selanjutnya yaitu menyerahkan tanggapan masyarakat kepada Bawaslu Purworejo.

Koordinator Divisi Organisasi, SDM, dan Informasi Abdul Azis mengatakan tanggapan masyarakat berpengaruh terhadap hasil seleksi calon anggota PKD. Bawaslu Kabupaten Purworejo akan menerima tanggapan dan masukan dari masyarakat kepada calon anggota Panitia Pengawas Pemilu Kelurahan/Desa (PKD). Tanggapan tersebut dapat disampaikan mulai tanggal 6 sampai 10 Maret 2020.

“Masyarakat memiliki hak untuk memberikan tanggapan dan masukan terhadap calon PKD,” katanya kepada purworejo24.com dikantornya pada Sabtu (07/03/2020)

Rekap Pendaftaran PPD bawaslu Purworejo
Rekap Pendaftaran PPD bawaslu Purworejo

Menurut Abdul, masukan masyarakat sebagai pertimbangan bagi Panwaslucam untuk menentukan hasil seleksi PKD. Hal ini dilakukan agar nantinya para pengawas memang terpilih dari orang-orang yang sudah diakui kualitasnya di masyarakat.

“Masukan dari masyarakat membantu Panwaslucam untuk menentukan PKD yang berkompetensi dan berkualitas”, kata Abdul.

Hal terpenting yang perlu diperhatikan masyarakat lanjut Abdul, yakni cara penyampaian laporan dengan mengisi formulir yang sudah disediakan di masing-masing sekretariat Panwaslu Kecamatan. Laporan yang di setorkan juga harus dapat dipertanggungjawabkan dan harus asli tidak boleh dibuat-buat atau palsu.

“Jangan asal kirim tanggapan, ada prosedurnya sehingga laporan masyarakat tersebut dapat dipertanggungjawabkan,” katanya.

Bawaslu Kabupaten Purworejo sempat melakukan perpanjangan di sembilan kecamatan, karena ada beberpa desa belum memenuhi syarat minimal 2 orang pendaftar. Berdasarkan rekap data jumlah pendaftar yakni sebanyak 1.081 orang.

“Hingga akhir pendaftaran perpanjangan setiap kelurahan/desa di 16 kecamatan sudah terpenuhi, Dari semua pendaftar hanya akan diambil 1 orang per desa nantinya, ” jelas

Jumlah pendaftar tersebut masih didominasi kaum laki-laki sebanyak 683 orang, sedangkan pendaftar perempuan sebanyak 398 orang. (P24-Bayu)