Bupati Beri Penghargaan kepada Pemuda Pencipta Robot Pembuat Telur Dadar

oleh -9 views
Bupati Purworeo menyerahkan penghargaan kepada pemuda pembuat robot telur dadar asal Kledung Karang Dalem
Bupati Purworeo menyerahkan penghargaan kepada pemuda pembuat robot telur dadar asal Kledung Karang Dalem

PURWOREJO, purworejo24.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purworejo, melalui Humas dan Protokol Setda Purworejo menggelar pameran foto pembangunan di Paseban Timur Alun-Alun Purworejo. Selain itu juga dilakukan penyerahan penghargaan untuk Agung Budi Wibowo, pembuat robot telur dadar.Pameran Refleksi 4 Tahun Kepemimpinan Bupati Purworejo, Agus Bastian itu di gelar pada Kamis (5/3/2020).dalam rangka mengisi Hari Jadi Purworejo ke 189. Ada sekitar 100 foto yang di pamerkan selama tiga hari.

Adapun terkait keberhasilan Agung Budi Wibowo, pemuda asal Desa Kedungkarang Dalam, Kecamatan Banyuurip, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, dalam menciptakan sebuah robot mini pembuat telur dadar, untuk membantu ibunya Praptining Utami, dalam berjualan telur dadar, mendapatkan penghargaan berupa modal sebesar 10 juta, yang diserahkan langsung oleh Bupati.

“Saya sangat apresiasi dengan kegiatan pameran foto pembangunan dan dokumenter Kabupaten Purworejo yang merupakan bagian dari rangkaian Hari jadi ke 189 Kabupaten Purworejo,” kata Bupati saat membuka pameran foto itu.

Bupati dan rombongAn meninjau pameran foto pembangunan di Paseban Timur Alun-Alun Purworejo. (5/3/2020)
Bupati dan rombongAn meninjau pameran foto pembangunan di Paseban Timur Alun-Alun Purworejo. (5/3/2020)

Foto itu, lanjutnya, merupakan gambar berwarna maupun hitam-putih yang dihasilkan oleh kamera yang merekam suatu objek, kejadian, maupun keadaan pada waktu tertentu. Foto itu juga mampu bercerita keadaan dari waktu ke waktu.

“Keberadaan foto sangat penting yang dapat dijadikan sebagai dokumen yang mengabadikan sebuah momen. Selain sebagai karya seni, foto dapat dijadikan sebagai salah satu bentuk mempublikasikan kepada masyarakat mengenai capaian kinerja,” lanjutnya.

Dikatakan, pameran foto itu menggambarkan foto-foto dari hasil pembangunan di Kabupaten Purworejo pada kurun waktu empat tahun terakhir.

“Saya berharap masyarakat dapat menikmati pembangunan-pembangunan yang sudah terealisasi Foto ini, juga menyandingkan sebelum dilaksanakan pembangunan dan sesudah dibangun. Ini sangat positif, kita di jajaran pemerintah untuk dapat terus berupaya meningkatkan pembangunan dari berbagai bidang. Mulai sarana prasarana, pendidikan, pariwisata, pertanian, hingga kesehatan,” jelasnya.

Bupati juga berharap pameran ini dapat menjadi motivasi dalam memajukan pembangunan. Diharapkan jajaran pemerintah kabupaten, kecamatan, desa dan kelurahan, supaya terus menuangkan gagasan, untuk melaksanakan program pembangunan dari berbagai sektor, yang tujuan utamanya untuk kemakmuran masyarakat.

Bupati juga menyampaikan rasa bangganya terhadap pemuda yang menciptakan robot yakni Agung Budi Wibowo. Robot itu dibuat untuk membantu Ibunya berjualan jajanan telur dadar.

“Ini sangat luar biasa, karena selain inovasi robot, juga kasih sayang kepada Ibunya dilakukan dengan karya nyata melalui pembuatan robot. Diharapkan inovasi tersebut, dapat menginspirasi para pemuda di Kabupaten Purworejo, untuk dapat mengembangkan kemampuannya. Apalagi seorang pemuda memiliki jiwa semangat tinggi, maka saya percaya pemuda-pemuda yang ada di Kabupaten Purworejo, juga mampu menjadi pemuda yang kreatif dan mandiri serta turut berperan serta dalam pembangunan di Kabupaten Purworejo,” tegasnya.

Sementara itu, Agung Budi Wibowo, mengaku bangga bisa membantu orang tuanya, dengan membuat robot. Agung yang awalnya ingin bekerja usai lulus SMK, kemudian berinisiatif membuat robot pencetak telur dadar untuk memudahkan ibunya dalam berjualan.

“Awalnya hanya coba-coba, namun Insya Allah bila bikin lagi dalam waktu tiga hari bisa,” katanya.

Dengan modal yang diberikan Bupati, lanjut Agung, dirinya akan membuat inovasi lain, guna mengembangkan bakat yang dimilikinya.(P24-Drt/Bayu)