Seorang Warga Binaan Rutan Purworejo Ditemukan Meninggal Dunia

oleh -1 views
Seorang Warga Binaan Rutan Purworejo Ditemukan Meninggal Dunia. (16/2/2020)
Seorang Warga Binaan Rutan Purworejo Ditemukan Meninggal Dunia. (16/2/2020)

PURWOREJO, purworejo24.com – Seorang Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Rutan Purworejo, ditemukan dalam kondisi meninggal dunia di dalam ruang tahanan. Warga binaan tersebut diketahui mempunyai riwayat penyakit TB dan baru pulang dari RS empat hari lalu.

Kepala Rutan Purworejo, Lukman Agung Widodo kepada purworejo24.com menerangkan bahwa WBP bernama Nursal Chaniago bin Nurdin (61) meninggal akibat sakit TB yang dideritanya. Korban sebelumnya sempat dirawat di RSUD Tjitro Wardojo, Purworejo selama empat hari dan sudah diperbolehkan pulang ke Rutan. Tetapi Tuhan berkehendak lain, tepat empat hari kepulangan dari RS, Minggu (16/2/2020) pagi sekitar pukul 06.00 WIB Nursal ditemukan meninggal dunia.

“Dari hasil pemeriksaan pertama, almarhum menderita Pneumonia, tetapi pada cek terakhir ternyata menderita TB. Saat ini jenazah telah dibawa ke RSUD Tjitro Wardojo  untuk dilakukan pembersihan dan penyucian sambil menunggu keluarganya dalam waktu 1×24 jam,” lanjut Lukman.

Nursal menjadi warga binaan Rutan Purworejo setelah divonis 2 tahun 6 bulan oleh PN Purworejo, karena melanggar pasal 363 KUHP atau kasus pencurian. Nursal beralamat di Jalan Pasar Kuok, RT 05/07, Kecamatan Batang Kapas, Kabupaten Pesisir Selatan, Provinsi Sumatera Barat.

“Pihak Rutan sudah berupaya untuk meminta tolong diberitakan agar keluarga mengetahuinya,” kata Lukman Agung.

Kronologi meninggalnya WB tersebut, pada pukul 03.00 WIB Komandan Regu Pengamanan melakukan kontrol dan melihat korban yang berada di kamar isolasi masih hidup. Namun ketika Komandan Regu Pengamanan sedang melakukan kontrol keliling blok hunian lagi pada pukul 06.00 WIB, Nursal tersebut didapati sudah meninggal dunia.

Lukman juga memerintahkan anggotanya untuk  menghubungi Polsek Purworejo. Kemudian dilakukan pemeriksaan oleh tim medis dan olah TKP yang dipimpin oleh Kapolsek Purworejo, Iptu Sukardi.

“Karena TB termasuk jenis penyakit menular, Rutan Purworejo telah mengantisipasinya dengan cara tiap hari Selasa rutin memeriksa ratusan warga binaannya yang dilakukan oleh petugas Puskesmas Meranti, Kecamatan/Kabupaten Purworejo”, pungkas Lukman.(P24-Nuh/Hms)

Tinggalkan Balasan