Bawaslu Buka Pendaftaran Ratusan Panwaslu Desa dan Kelurahan

oleh -5 views
Timline pembentukan panwaslu desa
Timline pembentukan panwaslu desa

PURWOREJO, purworejo24.com – Bawaslu mulai membentuk Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kelurahan/Desa Kabupaten Purworejo melalui masing-masing sekretariat Panwas Kecamatan (Panwascam). Pengumuman pendaftaran akan berlangsung selama tujuh hari sejak tanggal 10-16 Februari 2020 untuk merekrut ratusan orang yang akan menjadi Panwaslu di setiap desa dan Kelurahan.

Pembentukan Panwaslu Kelurahan/Desa dilakukan berdasarkan Surat Keputusan Bawaslu RI Nomor: 0215/K.BAWASLU/KP.01.00/II/2020 tentang Pedoman Pelaksanaan Pembentukan Panitia Pengawas Pemilu Kelurahan/Desa Tahun 2020. Bawaslu RI menginstruksikan kepada Panwas Kecamatan melalui Bawaslu Kabupaten/Kota untuk membentuk Panwaslu.

Koordinator Divisi Organisasi, SDM dan Informasi Abdul Azis mengatakan, setiap kelurahan/desa di masing-masing kecamatan membutuhkan satu orang pengawas.

“Keterwakilan perempuan juga menjadi perhatian Bawaslu yakni paling sedikit 30% dalam satu wilayah kecamatan,” kata kepada purworejo24.com).

Abdul menjelaskan, berdasarkan petunjuk teknis dari Bawaslu RI dalam pengawasan Pilkada 2020 nanti Panwaslu kelurahan/desa akan bekerja dalam rentang waktu antara 6 bulan sampai dengan 8 bulan.

“Rentang kerja tersebut disesuaikan dengan ketersediaan dukungan anggaran di setiap Kabupaten,” katanya.

Koordinator Sekretariat Bawaslu Kabupaten Purworjo, Didik Budi Prasetyo, mengatakan proses pengumpulan berkas pendaftaran ditujukan kepada Panwas Kecamatan. Proses rekruitmen Panwaslu kelurahan/desa diterima oleh kecamatan. Setiap pelamar nantinya dapat mengumpulkan berkas pendaftaran di sekretariat Panwascam didaerah nya masing-masing.

“Kewenangan perekrutan Panwaslu Kelurahan/Desa ada di tingkat kecamatan,” katanya.

Berdasarkan timeline dari Bawaslu RI bahwa tahapan penerimaan berkas diterima pada tanggal 16-22 Februari 2020. Pada hari yang sama juga berlangsung bersamaan dilakukan wawancara. (P24-Bayu)

Tinggalkan Balasan