Miliki 8 Kecamatan Penghasil Durian, Purworejo Lumbung Durian Nasional

oleh -236 views
Wakil Bupati Yuli Hastuti ikuti jalan sehat dan penanaman bibit Durian di Kaligono Kaligesing
Wakil Bupati Yuli Hastuti ikuti jalan sehat dan penanaman bibit Durian di Kaligono Kaligesing

KALIGESING, purworejo24.com – Wakil Bupati Purworejo Yuli Hastuti mengimbau masyarakat untuk memaksimalkan potensi lokal yang dimiliki, diantaranya adalah Purworejo sebagai penghasil buah Durian.  Dengan potensi tersebut diharapkan Purworejo juga dapat menjadi Lumbung Durian nasional.

Hal ini disampaikan dalam acara jalan sehat dan penanaman bibit Durian pada Minggu (09/02/2020) di Dusun Krajan, Desa Kaligono, Kecamatan Kaligesing. Acara diawali dengan jalan sehat dengan jarak kurang lebih 3 km tersebut ramai dihadiri tidak kurang seribuan peserta. Mulai dari anak-anak hingga lansia terlihat bersemangat mengikuti acara tersebut.

Ditengah perjalanan, Wakil Bupati sempat memisahkan diri dari barisan peserta untuk menanam bibit pohon durian. Hal ini dilakukan sebagai gerakan peduli lingkungan dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional 2020 dan HUT ke-74 PWI Kab. Purworejo. Acara tersebut diselenggarakan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) bekerja sama dengan Dinas Pertanian, Pangan, Kelautan dan Perikanan (DPPKP) serta PD PDAM Tirta Perwitasari.

“Kabupaten Purworejo dapat menjadi lumbung durian. Mengingat 8 kecamatan di Kabupaten Purworejo merupakan daerah penghasil durian,” katanya kepada awak media.

Penanaman bibit Durian di dusun Kamalan, Desa Kaligono, Kaligesing Purworejo.
Penanaman bibit Durian di dusun Kamalan, Desa Kaligono, Kaligesing Purworejo.

Yuli berpesan kepada masyarakat untuk terus melestarikan durian Kaligesing, selain memiliki rasa enak yang khas, durian tersebut juga sudah terkenal hingga ke luar daerah.

“Semoga dengan semangat Hari Pers dapat meningkatkan sinergi dengan Pemda. Dengan penanaman pohon durian ini, harapannya dapat mengawali gerakan Purworejo sebagai sentra penghasil durian nasional,” katanya.

Yuli menambahkan, salah satu peran media adalah untuk mempromosikan program Pemkab satu desa satu produk. Tidak hanya itu Yuli juga mengatakan fungsi pers juga untuk mengontrol kebijakan yang dilakukan pemerintah.

“Rekan-rekan media harus meneguhkan hati dan jati diri sebagai sumber info yang valid dan kontrol sosial. Selain sebagai mitra dalam memberitakan keberhasilan pembangunan, media juga diharapkan mampu menjadi kontrol bagi pemerintah,” kata Yuli.

Wakil Bupati Purworejo Yuli Hastuti, sejumlah pejabat dan pengurus PWI berfoto usai jalan penanaman bibit Durian di Kaligono Kaligesing
Wakil Bupati Purworejo Yuli Hastuti, sejumlah pejabat dan pengurus PWI berfoto usai jalan penanaman bibit Durian di Kaligono Kaligesing

Camat Kaligesing Haryono, dalam wawancara terpisah menyampaikan, masyarakat Kaligesing siap untuk mendukung pembangunan Kabupaten Purworejo, salah satunya dengan terus mengembangkan potensi daerah yang dimiliki.

“Dalam waktu dekat akan diadakan Festival Kambing Kaligesing yang bertujuan untuk mengetahui jumlah aktual peternak lokal daerah,” katanya. (P24-Bayu)