Alat berat diturunkan untuk membersihkan materrial longsor di Bruno
Bencana Alam Iklim Info Jalan Lingkungan Hidup Pemerintahan

BPBD Turunkan 1 Unit Alat Berat Atasi Longsor di Bruno

BRUNO, purworejo24.com – BPBD Purworejo menurunkan 1 unit alat berat untuk membersihkan longsor yang menutup akses jalan di Kecamatan Bruno, Purworejo Jawa Tengah. Jalan tersebut merupakan penghubung dari Desa Gowong dan Watuduwur.

Tebing setinggi 3 meter dengan panjang mencapai 8 meter tersebut longsor setelah diguyur hujan pada hari Minggu (2/2/2020) tepat pukul 14.30 WIB. Lokasi kejadian tepatnya di Dukuh Sidami A. RT 001 RW 003 Desa Gowong, Kecamatan Bruno.

Alat berat diturunkan untuk membersihkan materrial longsor di Bruno
Alat berat diturunkan untuk membersihkan materrial longsor di Bruno

Kusairi Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Purworejo mengatakan
longsoran yang berupa material tanah tersebut mengakibatkan akses jalan tertutup total. Pihaknya bersama warga setempat akhirnya bergotong-royong untuk membersihkan jalan agar dapat dilalui kendaraan bermotor.

“Sebelumnya akses yang menghubungkan 2 desa tersebut tidak bisa dilalui Kendaraan roda 2 maupun roda 4,” katanya kepada purworejo24.com.

Karena saking banyaknya material ia mengaku harus menerjunkan alat berat untuk mempermudah proses pembersihan. Pembersihan juga melibatkan warga dan TNI sejak Senin (3/2/2020) pagi.

“Bersama-sama warga tadi kita membersihkan jalan juga dibantu TNI karena materialnya banyak dan harus cepat ditangani,” katanya.

Sementara itu warga juga menyediakan makanan untuk kerja bakti yang melibatkan puluhan orang tersebut. (P24-Bayu)

Tinggalkan Balasan