Kenalkan Potensi Durian, Kecamatan Bruno Gelar Festival Durian

oleh -
Camat-Bruno-dengan-durian-unggulan-Bruno
Camat-Bruno-dengan-durian-unggulan-Bruno

BRUNO, purworejo24.com – Pemerintah Kecamatan Bruno, Purworejo, Jawa Tengah, menggelar Festival Durian Bruno 2020. Festival Durian digelar sebagai langkah untuk mengenalkan potensi hasil pertanian yang ada di wilayah Kecamatan Bruno, utamanya buah Durian.

Berbagai kegiatan digelar guna memeriahkan Festival Durian itu, diantaranya lomba kontes durian, lomba selfi durian, lomba busana muslim, lomba makan durian, bazar durian dan aneka stand lain yang digelar dihalaman kantor Kecamatan Bruno.

“Festival ini kami gelar mulai tanggal 23 Januari hingga tanggal 2 Februari 2020,” tutur Camat Bruno, Netra Asmara Sakti, S.Sos, M.T, kepada purworejo24.com, Sabtu (25/1/2020).

Camat Bruno saat meninjau salah satu stand durian.

Dikatakan, Kecamatan Bruno, merupakan salah satu sentra penghasil durian di Kabupaten Purworejo, yaitu dengan jenis durian Gabus. Bahkan salah satu jenis buah durian asal Kecamatan Bruno, telah dua kali menyandang sebagai juara dalam lomba durian tingkat Kabupaten Purworejo.

“Ada sejumlah desa yang menjadi penghasil durian unggul, seperti di desa Belimbing, Sumoleter, dan beberapa desa lain,” katanya.

Tak hanya sebagai penghasil durian, lanjut Camat, Kecamatan Bruno juga memiliki potensi penghasil buah lain, seperti buah manggis, apokat, duku, pisang dan nangka.

“Harapannya ke depan dengan Festival Durian yang baru pertama digelar ini, Bruno bisa dikenal dalam potensi buahnya, utamanya durian. Untuk mendukung hal itu, kami kedepan juga akan membuat centra pasar durian di desa Kaliwungu dan rintisan wisata agro (buah) di Dusun Kalibade desa Bruno Wetan, dengan lahan seluas 5 hektar, dan saat ini masih dalam proses pemetaan,” katanya.(P24-Drt)