Pengendara motor melintas di depan baliho dan poster bergambar bakal calon bupati-wakil bupati Purworejo
Hukum Pemerintahan Pilkada 2020 Politik

Bawaslu Purworejo Tanggapi Maraknya Baliho Bakal Calon Bupati-Wakil Bupati

PURWOREJO, purworejo24.com – Sejak dua pekan terakhir, baliho, spanduk atau poster-poster bakal calon bupati/wakil bupati semakin marak terpasang di beberapa jalan Kabupaten Purworejo. Hal ini mendapat tanggapan dari Bawaslu Purworejo.

Koordinator Divisi Penyelesaian Sengketa Bawaslu Purworejo, Ali Yafie menegaskan, tidak ada pelarangan untuk bakal calon maupun petahana yang menggunakan baliho atau spanduk lebih awal walaupun ada unsur politik untuk mencuri simpati pemilih. Sebab, ketentuan tersebut tidak diatur. Apalagi petahana belum ditetapkan secara resmi sebagai Paslon oleh KPU.

“Belum (ada pelanggaran). Bawaslu berhak menindak Alat Peraga Kampanye (APK) sejak 3 hari setelah ditetapkannya calon bupati atau wakil bupati Purworejo,”katanya kepada purworejo24.com saat ditemui dikantornya pada Rabu (29/01/2020).

Poster bergambar bakal calon bupati-wakil bupati Purworejo di salah satu sudut jalan di Purworejo
Poster bergambar bakal calon bupati-wakil bupati Purworejo di salah satu sudut jalan di Purworejo

Selain tidak ada pelarangan terhadap pemasangan lebih awal APK sebelum penetapan calon, Peraturan KPU nomor 16 tahun 2019 juga tidak mengatur pelarangan tentang pemasangan APK sebelum penetapan bakal calon (Balon).

“Kemudian ketika oleh masyarakat dianggap meresahkan dan tidak sesuai tata cara pemasangan lha itu bisa disampaikan kepada pihak terkait, dalam hal ini saya kira ke satpol PP,” terangnya.

Lanjutnya, sejauh ini terkait hal yang tidak ada pelarangan yang diatur dalam Undang-undang tentang Pilkada, pihaknya tidak bisa melakukan penindakan atau penertiban. Sebab, semua pelanggaran yang bisa ditindak sudah dijelaskan dalam Undang-undang Pilkada.

“Kalau sudah masuk masa kampanye kita akan mulai aktif menyisir dan mengawasi atribut-atribut kampanye dari masing-masing calon,” tutupnya.

Baca juga: https://www.purworejo24.com/2020/01/28/pendaftar-ppk-diduga-kader-parpol-bawaslu-surati-kpu/

Poster dipasang pada rambu lalu lintas
Poster dipasang pada tiang rambu lalu lintas

Pantauan purworejo24.com, jelang Pilkada Purworejo 2020 sejumlah baliho bakal calon (Balon) sudah mulai terpasang di sejumlah jalan di kabupaten Purworejo, Tak hanya jalan-jalan protokol, sejumlah jalan desa pun terpasang baliho maupun poster bergambar foto diri calon-calon kontestan Pilkada Purworejo 2020. Bahkan ada sejumlah poster yang dipasang di tiang rambu-rambu lalu lintas. (P24-Bayu)

Tinggalkan Balasan