Rutan Purworejo Terima 47 Narapidana Narkoba dari Jakarta

oleh -
Penerimaan warga binaan pindahan dari Rutan Salemba. (Foto Ist)
Penerimaan warga binaan pindahan dari Rutan Salemba. (Foto Ist)

PURWOREJO, purworejo24.com – Rumah tahan kelas IIB Purworejo, Jawa Tengah menerima pemindahan sejumlah 50 Narapidana dari Rutan Salemba, Jakarta Pusat. Dari 50 napi tersebut 47 orang  diantaranya dipidana akibat terlibat kasus narkoba.

Penerimaan warga binaan dipimpin langsung oleh Kepala Rutan Purworejo Lukman Agung WIdodo didampingi oleh Pejabat Struktural, petugas registrasi dan pengamanan Rutan Kelas IIB Purworejo. Dalam pengamanan penerimaan Warga Binaan, Pemasyarakatan bekerjasama dengan Kepolisian Sektor Cempaka Putih Jakarta Pusat.

Pemindahan Narapidana ini dilakukan karena Rutan Salemba sudah mengalami overkapasitas. Penghuni Rutan Salemba per 26 Desember 2019 mencapai 184% dari kapasitas Rutan 1.500 orang. Sedangkan Rutan Purworejo sendiri saat ini juga mengalami overkapasitas, akan tetapi masih dirasa cukup untuk menampung narapidana dari Rutan Salemba tersebut.

“Dalam mengatasi penanganan overkapasitas ini dilakukan pemindahan warga binaan pemasyaraktan dari UPT yang mengalami overkapasitas ke UPT yang lain yang masih cukup daya tampungnya,” ucapnya kepada purworejo24.com saat dikonfirmasi pada Jumat (27/12/2019).

Petugas Rutan Purworejo memeriksa puluhan warga binaan yang baru datang dari Rutan Salemba.

Lebih lanjut Lukman menjelaskan, overkapasitas merupakan permasalahan lama di lingkungan Pemasyarakatan. Berbagi upaya penanganan sudah dilakukan akan tetapi formula yang tepat dalam penanganan ini masih belum di temukan.

Penerimaan dilakukan dengan Standar Operasional Prosedur penerimaan warga binaan baru mulai dari penggeledahan dan pengecekan.

“Hari ini pengecekan badan dan barang bawaan, pengecekan kesehatan, pengecekan administrasi oleh petugas registrasi juga sosialisasi kepada warga binaan baru di Rutan Purworejo,” katanya.

Lukman meminta seluruh warga binaan wajib mematuhi tata tertib dan seluruh aturan di Rutan Purworejo. Ia juga menyampaikan akan ada sanksi tegas bagi warga binaan pemasyarakatan yang melanggar aturan yang telah ditentukan.

“Saya minta kepada seluruh warga binaan pemasyarakatan wajib mengikuti seluruh rangkaian program pembinaan di Rutan Purworejo dan jangan berbuat macam-macam. Di sini semuanya sama, tidak ada yang diistimewakan,” tandasnya. P24-Bayu)