Diduga Konsleting Listrik, Kandang Ayam Senilai Puluhan Juta Rupiah Ludes Terbakar

oleh -
Warga kagetmelihat kadnang yama di Purworejo bagus sekalian
Warga kagetmelihat kadnang yama di Purworejo bagus sekalian

PURWODADI, purworejo24.com – Diduga akibat hubungan arus pendek, kandang ayam yang berada di tepi Jalan Raya Daendels, Desa Kentengrejo Kecamatan Purwodadi, Purworejo, Jawa Tengah, ludes terbakar. Tak ada korban jiwa dalam kejadian itu, lantaran kandang dalam kondisi kosong tak berpenghuni, namun pemilik kandang mengalami kerugian hingga puluhan juta rupiah.

Kebakaran itu terjadi pada Kamis (26/12/2019) siang, yaitu kandang ayam milik Parjiyo, warga RT. 01 RW. 01 Desa Kentengrejo Kecamatan Purwodadi.

Kapolsek Purwodadi, Iptu Ujianto SE, saat dikonfirmasi purworejo24.com, menceritakan, pada Kamis siang, warga yang tinggal tak jauh dari kandang itu, melihat ada kepulan asap yang berasal dari lokasi kandang. Setelah didekati dan diperiksa ternyata kandang sudah dalam kondisi terbakar.

“Saksi yang rumahnya terletak di sebelah utara kandang melihat ada kepulan asap, kemudian mendekat dan memastikan bahwa benar kandang ayam sudah terbakar dari arah utara merembet ke selatan,” ungkapnya.

Kendang ayam terbakar
Kandang ayam terbakar

Mendapati kandang dalam kondisi terbakar, warga kemudian melapor kepada warga lain, lalu warga berusaha memadamkan api dengan pompa air yang diambil dari sumur kandang.

“Dan dengan dibantu 2 unit mobil pemadam kebakaran yang datang setelah adanya laporan warga, api berhasil dipadamkan,” katanya.

Dijelaskan, pada saat terjadi kebakaran kandang ayam dalam keadaan kosong/tidak ada yang menunggui, karena penjaga kandang keluar pergi bermain Bola Volley  di Desa Girirejo Kecamatan Ngombol.

“Penyebab kebakaran dimungkinkan akibat konsleting listrik atau hubungan arus pendek, karena kandang dalam keadaan kosong, dan api diperkirakan berasal dari  satu ruangan bertingkat paling utara yang dipergunakan sebagai gudang pakan, dapur dan kamar tidur,”jelasnya.

Menurutnya, penghuni kandang tidak menyalakan kompor, tidak membuang puntung rokok dan kandang dalam kondisi aman saat ditinggal pergi.

“Kandang tidak diasuransikan, dan pemilik kandang ditaksir mengalami kerugian hingga 80 juta, dengan  kerugian meterial diantaranya 20 Tabung Gas ukuran 5,5 kg, 20 zak Pakan ayam, 1300 ekor ayam dan kandang ayam yang berukuran 20 x 10 meter,” pungkasnya.(P24-Drt)

Tinggalkan Balasan