Santap Pepes Jamur, Satu Keluarga di Gebang Harus Dilarikan ke Rumah sakit

oleh -26 views
Sugito, salah satu korban tengan menjalai pemeriksaan kesehatan.
Sugito, salah satu korban tengan menjalai pemeriksaan kesehatan.

PURWOREJO, purworejo24.com – Diduga akibat menyantap olahan pepes dari  jamur yang ditemukan di halaman belakang rumah, satu keluarga asal Desa Kroyo, Kecamatan Gebang, Kabupaten Purworejo keracunan. Satu keluarga yang terdiri dari 6 orang tersebut harus dilarikan ke RSUD Citro Wardoyo untuk mendapatkan perawatan medis.

Babinsa Desa Kroyo Serda Yasir mengungkapkan, awalnya Sabtu (21/12/2019) sekitar pukul 08.00 WIB, salah satu cucu dari Sugito, warga Desa Kroyo, RT 02/ RW 01 menemukan jamur yang menyerupai jamur payung di halaman belakang rumah mereka. Akhirnya cucu sugito tersebut memetik beberapa lembar jamur yang berada di halaman belakang rumah dan membawanya pulang.

“Setelah dibawa pulang sekitar pukul 12 dimasak oleh kakaknya. Setelah dimasak kurang lebih pukul 13.00 WIB dimakan bersama-sama 6 orang keluarga tersebut,” ucapnya kepada purworejo24.com saat dikonfirmasi pada Sabtu (21/12/2019) malam.

Foto jamur yang diduga penyebab keracunan
Foto jamur yang diduga penyebab keracunan

Kemudian, sekitar pukul 14.00 WIB seluruh keluarga tersebut merasa mual, pusing, muntah, dan diare. Mereka pun kemudian mencoba berobat ke perawat yang tinggal di dekat rumah mereka. Namun kondisi tidak membaik hingga mereka pun kemudian ke Puskesmas Gebang.

Selanjutnya dari Puskesmas, satu keluarga tersebut sekitar jam 18.00 WIB dirujuk ke RSUD Citro Wardoyo. Setelah mendapat perawatan beberapa jam di Instalasi Gawat Darurat, lima orang tersebut akhirnya diijinkan pulang, sedangkan satu anggota keluarga yaitu Sugito, yang merupakan korban tertua masih dirawat intensif di RSUD.

Sugito, salah satu keluarga yang masih menjalani perawatan mengakui diantara anggota keluarga lain ia memang paling banyak mengkonsumi pepes jamur yang dimasak cucunya tersebut. Ia mengaku pepes tersebut enak sekali dan dimakan bersama nasi, tanpa ada lauk lain. Ia merasakan efek dari jamur tersebut setelah 2 jam dari mengkonsumsi jamur tersebut.

“Cuma sedikit mas, cuma lima lembar yang dimasak pepes. Rasanya setelah itu mual, pusing dan muntah,” ucapnya.

Korban diijinkan pulang setelah menjalani perawatan medis

Sementara itu, hingga berita ini ditayangkan pihak rumah sakit tidak mau memberikan keterangan apapun terkait dugaan keracunan akibat jamur ini. Dokter Juliana yang bertugas sebagai dokter jaga mengaku sedang sibuk sehingga tidak bisa memberikan keterangan.(P24-Bayu/Nuh)