Kebakaran Kebun Jati Seluas 500 Meter, 1 Rumah Ikut Terbakar

oleh -
Satu rumah di pinggir hutan Jati ikut terbakar.
Satu rumah di pinggir hutan Jati ikut terbakar.

GEBANG, purworejo24.com – Lahan berisi pohon kebun jati seluas 500 meter di Desa Seren, Purworejo Jawa Tengah hangus terbakar. Api juga sempat membakar sebagian rumah kosong yang berada di pinggir lahan.

Kebakaran tersebut terjadi pada Senin (7/10/2019) sore di lahan milik Agus, di Desa Seren, RT 03/RW 04 Kecamatan Gebang. Kasie Damkar Purworejo, Rubino menjelaskan, sekitar pukul 16.45 WIB warga melihat sebagian lahan sudah terbakar. Api semakin membesar dan membakar sedikit bagian rumah kosong yang ada di dekat lahan tersebut.

“Warga sekitar mencoba memadamkan api, namun api semakin membesar. Lalu salah satu warga menelepon ke kantor Satpol PP Damkar,” katanya saat dihubungi purworejo24.com.

Htan jati seluar 500 meter persegi di Desa Seren terbakar.

Lahan seluas 500 meter persegi yang terletak di dekat jalan raya pun tak pelak menjadi tontonan warga yang lewat. Akibatnya, jalan dari arah Purworejo menuju Pasar Seren sedikit terhambat karena banyak pengguna kendaran yang berhenti dipinggir jalan.

Sambil menunggu petugas pemadam kebakaran datang, warga yang mengetahui pun langsung melakukan pemadaman dengan alat seadanya. Tim Damkar sampai lokasi pukul 17.33 WIB langsung melakukan penanganan pemadaman dibantu warga dan BPBD. Sekitar setengah jam kemudian api berhasil dijinakkan.

“Api berhasil dipadamkan dan dinyatakan aman sekitar pukul 18.05 WIB,” lanjutnya.

Sementara itu, penyebab kebakaran hingga kini masih dalam penyelidikan petugas. (P24-Byu)