Kecamatan Purwodadi Luncurkan Dua Mas Edu

oleh -
oleh
Peresmian Rumah Sahabat Edukasi di Purwodadi.(25/9/2019)
Peresmian Rumah Sahabat Edukasi di Purwodadi.(25/9/2019)

PURWODADI, purworejo24.com – Pemerintah Kecamatan Purwodadi, Purworejo, Jawa Tengah, meluncurkan dua Rumah Sahabat Edukasi atau Mas Edu. Keduanya adalah Mas Edu Batik Tulis di Desa Jenar Kidul dan Mas Edu Jamur Tiram di Desa Sumberrejo.

Peluncuran dua Rumah Mas Edu itu, dilakukan oleh Wakil Bupati Purworejo Yuli Hastuti SH pada Rabu (25/9/2019). Hadir dalam peluncuran itu, Kepala Dinpermades Purworejo Agus Ari Setiyadi SSos, Kepala Dindikpora Purworejo Sukmo Widi Harwanto SH MM, Camat Purwodadi Hery Raharjo MSi, Sekcam Purwodadi, dan para kepala desa terkait.

Peresmian Rumah Sahabat Edukasi di Purwodadi.(25/9/2019)
Peresmian Rumah Sahabat Edukasi oleh Wakil Bupati Purworjeo, Yuli Hastuti di Purwodadi.(25/9/2019)

Untuk Mas Edu Batik Tulis berpusat di Balai Desa Jenar Kidul. Peresmian berlangsung meriah diisi dengan pameran produk unggulan desa, pertunjukan seni, serta aksi membatik massal para pelajar perwakilan TK dan SD se-Kecamatan Purwodadi.

Sementara peresmian Mas Edu Jamur Tiram dilakukan di rumah produksi, di RT 03 RW 01 Desa Sumberrejo dan dimeriahkan dengan pameran dan pertunjukan seni serupa serta peragaan proses budidaya jamur tiram yang dimotori para lansia.

Camat Purwodadi, Hery Raharjo saat ditemui purworejo24.com, mengatakan, Mas Edu merupakan wahana untuk penggalian potensi lokal, pengoptimalan pemberdayaan masyarakat, serta inspirasi dan ilmu pengetahuan bagi masyarakat.

“Keberadaan dua Mas Edu di wilayah Kecamatan Purwodadi tersebut diharapkan dapat menjadi rujukan bagi lembaga pendidikan, kelompok masyarakat atau lainnya untuk pembelajaran di luar kelas dan learning by doing,” harapnya.

Menurutnya, untuk menggerakkan perekonomian seiring Tahun Kunjungan Wisata Romansa Purworejo 2020 dan sejumlah proyek strategis nasional yang dikembangkan di Kabupaten Purworejo, Kecamatan Purwodadi harus siap dengan potensi yang dimilikinya.

“Sebetulnya aktivitas pemberdayaan masyarakat di dua desa ini sudah cukup lama jalan, jadi hari ini kita hanya memformalkan.  Ke depan, dengan berkembangnya rumah sahabat edukasi ini, aktivitas ekonomi bergeliat dan investasi berdatangan,” ujarnya.

Dijelaskan, Mas Edu di Batik Tulis Desa Jenar Kidul, dikelola oleh TP PKK desa, sedangkan Mas Edu Jarum Tiram dikelola oleh kelompok Lansia. Masing-masing memiliki strategi dalam pengelolaannya. Untuk Mas Edu Jamur Tiram, misalnya, menggandeng PT AKT, perusahaan yang bergerak di sektor perkayuan, di desa Sumberrejo.

“CSR perusahaan dimaksimalkan untuk peningkatan sumber daya masyarakat, seperti pelatihan, sedangkan limbah pabrik berupa serbuk kayu dimanfaatkan sebagai wahana budidaya jamur,” jelasnya.

Masing-masing Mas Edu juga telah menyiapkan paket wisata. Di Mas Edu Batik Tulis, pengunjung dapat melihat langsung tempat produksi, mengenal jenis-jenis batik, dan praktik membatik. Sementara di Mas Edu Jamur Tiram, pengunjung dapat melihat langsung atau melalui video terkait budidaya jamur serta paket petik jamur.

Wakil bupati Purworejo, Yuli Hastuti memberikan apresiasi terhadap inovasi yang diluncurkan Kecamatan Purwodadi dan mendorong munculnya inovasi serupa di kecamatan lain. Menurutnya, pendidikan dalam berbagai bentuk, baik formal maupun nonformal, merupakan pondasi utama untuk membangun peradaban bangsa. Optimalisasi pelaksanaan pendidikan juga sejalan dengan Visi Misi Bupati/Wakil Bupati Purworejo, khususnya misi kelima yakni mewujudkan Kabupaten Purworejo sebagai kabupaten yang unggul di bidang pendidikan dan kesehatan.

“Saya berharap masyarakat senantiasa mendukung kelangsungan pendidikan sesuai kemampuan dan posisi masing-masing, termasuk seperti yang dilaksanakan masyarakat Purwodadi dengan mendirikan Rumah Sahabat Edukasi,” ungkapnya. (P24-Drt)