Santri Pondok Pesantren An Nawawi
Hukum Pemerintahan Pendidikan Politik

Dukung RUU Pesantren, Ponpes An-Nawawi Surati DPR RI

GEBANG, purworejo24.com – Diantara gejolak politik pro kontra sejumlah RUU yang akan disahkan oleh DPR RI, Pondok Pesantren (Ponpes) An-Nawawi, Purworejo, Jawa Tengah justru mendukung percepatan RUU Pondok Pesantren dan Pendidikan Keagamaan. Ponpes An-Nawawi menilai RUU Pesantren sudah tepat karena sesuai kultur yang ada di Indonesia.

Dukungan ini diwujudkan melalui surat rekomendasi percepatan RUU Pondok Pesantren dan Pendidikan Keagamaan yang dikirim Pengasuh Ponpes An-Nawawi kepada Ketua DPR RI bertanggal 23 September 2019. Ponpes Pesantren An-Nawawi K.H Achmad Chalwani Nawawi mengungkapkan bahwa pondok pesantren sejak dulu menjadi salah satu elemen penting penjaga kebangsaan dan ke binekaan bangsa Indonesia dengan konsep Islam yang moderat.

Surat Rekomendasi RUU Pesantren
Surat Rekomendasi RUU Pesantren

“Mengingat pondok pesantren merupakan salah satu sarana bagi umat Islam untuk ikut serta mencerdaskan kehidupan bangsa disamping menjaga kemurnian ajaran agama,” katanya.

Dalam ceramahnya beliau sering menyampaikan kata-kata yang dikutip dari Douwes Dekker yang menyatakan bahwa kalangan pesantrenlah yang menjadi ujung tombak patriotisme bangsa ini.

“Kalau tidak ada kiai dan pesantren, maka patriotisme bangsa ini akan hancur berantakan,” katanya.

Robith Jamali, Sekretaris Ponpes An-nawawi, Berjan Purworejo, mengungkapkan RUU yang akan di paripurna kan sudah sesuai dengan budaya Indonesia. tokoh-tokoh yang membangun bangsa sebagian besar juga tokoh-tokoh dari pesantren.

“Sudah saat nya kalangan pesantren mendapatkan pengakuan dari negara secara hukum, karena tokoh pendiri bangsa juga sebagian besar dari kalangan pesantren,” katanya dalam keterangan tertulis, Selasa (24/9/2019).

Lebih lanjut ia menambahkan dengan disahkannya RUU ini kedepannya akan menjadi payung hukum dari keberlangsungan pendidikan agama di Indonesia.

“RUU ini nanti akan menjadi payung hukum bagi eksistensi pendidikan keagamaan di Indonesia,” ucapnya.

Senada dengan hal itu pengasuh Ponpes Al Anshory Desa Tulusrejo, Kecamatan Grabag, Kabupaten Purworejo, Kyai Lutfi mendukung dengan adanya RUU Pesantren ini. Ia mengungkapkan bila kebijakan ini baik untuk bersama ia siap untuk mendukung.

 “Kalau baik dan bagus ya didukung (kebijakan RUU Pesantren),” ucapnya saat dikonfirmasi purworejo24.com (P24-Byu)

Tinggalkan Balasan