Ikuti Imbauan Pemkab, Mushola Darul Kirom Sindurjan Gunakan Besek untuk Pembungkus Daging Kurban

oleh -78 views

PURWOREJO, purworejo24.com – Takmir Mushola Darul Kirom, di Kelurahan Sindurjan, Purworejo, Jawa Tengah mengikuti edaran dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purworejo agar mengurangi  penggunaan plastik dalam pembagian daging hewan kurban. Sudah disiapkan sekitar seribu besek sebagai gantinya.

Miftah Farid, koordinator panitia kurban menjelaskan pihaknya mengikuti himbauan Pemkab Purworejo  berdasarkan Surat Edaran nomor 800/8263/2019 tentang pengendalian sampah plastik pada kegiatan pewadahan daging kurban dan Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia ke 74 kabupaten Purworejo.

“Untuk pertama kalinya mushola kita gunakan besek sebagai wadah pembagian daging kurban, kalau tahun-tahun sebelumnya masih memakai kantong plastik,” ujarnya saat ditemui purworejo24.com, Minggu (11/8/2019).

Takmir Mushola Darul Kirom menyiapkan besek sebagai wadah dalam pembagian dagimg kurban.
Takmir Mushola Darul Kirom menyiapkan besek sebagai wadah dalam pembagian dagimg kurban.

Miftah Farid menambahkan seandainya daging hewan kurban banyak dan beseknya kurang panitia menyiapkan tambahan kantong plastik yang ramah lingkungan.

“Kita juga sudah menyiapkan kantong plastik yang ramah lingkungan apabila besek yang kita sediakan tidak mencukupi ,” kata Farid.

Farid berharap daging kurban kali ini dapat menjangkau masyarakat miskin tidak hanya masyarakat yang ada di sekitar mushola Darul Kirom. Tahun sebelumnya mushola darul kirom membagikan 1000 bungkus lebih daging kurban, dimana satu bungkusnya berisi sekitar setengah kilo gram daging.

“Tahun kemarin sih dapat 1000 bungkus lebih, kalau tahun ini belum bisa dipastikan karena proses penyembelihan belum selesai, kadang juga ada warga yang menyusul kurbannya ,” pungkasnya. (P24-Byu)