Puncaki Purworejo Fair 2019, Flashmob Dolalak Hibur Warga Jakarta

oleh -44 views
Flashmob Dolalak semarakkan Purworejo Fair 2019 (28/7/2019)
Flashmob Dolalak semarakkan Purworejo Fair 2019 (28/7/2019)

JAKARTA, purworejo24.com – Tarian Flashmob Dolalak menjadi puncak gelaran Purworejo Fair 2019, di lokasi Car Free Day (CFD), Jakarta (28/7/2019). Kemunculan tiba-tiba sejumlah penari tanpa kostum Dolalak yang mengawali flashmob, sukses menarik perhatian pengunjung CFD.

Di sesi acara terakhir Purworejo Fair 2019, tiba-tiba muncul sebuah kejutan. Dengan diawali suara bedug dan kencreng musik ndolalak, sejumlah perempuan muda secara berurutan keluar dari kerumunan penonton dan tiba tiba menari tarian Dolalak di tengah arena kerumunan.

Para pengunjung CFD larut dalam Flashmob Dolalak saat Purworejo Fair 2019(28/7/2019)
Para pengunjung CFD larut dalam Flashmob Dolalak saat Purworejo Fair 2019(28/7/2019)

Sejumlah perempuan muda yang menari tanpa kostum tersebut ternyata merupakan siswa SMAN 1 Purworejo. Sembilan siswa tersebut membuat pengunjung CFD ikut menari, bahkan Bupati Purworejo, Agus Bastian yang sejak pagi hadir pun bersama Ketua Panitia Purworejo Fair 2019, Dwi Wahyu Atmaji, dan sejumlah pejabat teras dan para tokoh Diaspora Purworejo turut serta larut menari.

Rasa kegembiraan terpancar diwajah mereka, tanpa rasa canggung menari bersama dan berbaur dengan masyarakat Purworejo di Jakarta. Selang beberapa menit kemudian penari Dolalak dari grup Turangga Tresno Budoyo dari Desa Popongan Kecamatan Banyuurip pun ikut berkolaborasi

“Ini bentuk silaturahmi kita bersama warga Purworejo yang tinggal di Jakarta,” kata Agus Bastian saat ditemui di sela acara.

Guru Seni Budaya SMAN 1 Purworejo, Kristanti mengatakan, Flashmob Dolalak itu sengaja di gelar diakhir acara puncak gelaran Purworejo Fair 2019, sesuai permintaan panitia.

“Ini untuk memviralkan tarian Dolalak, agar masyarakat Jakarta khususnya dan Indonesia tahu bahwa di Purworejo ada tari Dolalak,” katanya.

Penampilan Silat Merpati Putih dalam Purworejo Fair 2019, (28/7/2019)
Penampilan Silat Merpati Putih dalam Purworejo Fair 2019, (28/7/2019)

Tak hanya Flashmob Dolalak yang disuguhkan, pertunjukkan lain seperti seni tari Jathilan Turangga Tresno Budoyo dari desa Popongan Kecamatan Banyuurip, silat Merpati Putih, dan konser Band pun juga memukau seluruh pengunjung CFD yang hadir. Pengunjungpun juga bisa mencicipi dan berbelanja berbagai jenis kuliner yang disuguhkan para UKM asal Purworejo yang dijajakan di tepi jalan raya.(P24-Drt)