Peserta Prolanis Periksa Kesehatan Gratis di Puskesmas Loano
Kesehatan

Pantau Status Penderita Penyakit Kronis, BPJS Lakukan Pemeriksaan

LOANO, purworejo24.com – Mendorong capaian kualitas hidup yang optimal bagi penyandang penyakit kronis, BPJS Kesehatan bersama dengan Puskesmas Maron Kecamatan Loano mengadakan pemeriksaan kesehatan bagi peserta JKN-KIS yang telah terdaftar sebagai anggota Prolanis. Pemeriksaan dilakukan di Puskesmas itu bertujuan untuk memantau status kesehatan penderita penyakit kronis.

Pemeriksaan kesehatan secara gratis ini dilakukan pada jumat (5/7/2019) dan sabtu (6/7/2019). Peserta Prolanis yang tergabung dalam komunitas prolanis kecamatan Loano merupakan peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang sudah mengikuti rangkaian kegiatan skrining kesehatan hingga akhirnya sudah di diagnosa menyandang kronis seperti diabetes mellitus tipe 2 dan/atau hipertensi. Oleh karena itu, jenis pemeriksaan yang dilakukan secara periodik untuk peserta Program Pengelolaan Penyakit Kronis (Prolanis) adalah pemeriksaan Gula Darah Puasa (GDP), HbA1c, serta pemeriksaan kimia darah melalui pengambilan sampel darah dan sampel urin yang rutin.

Peserta Prolanis Periksa Kesehatan Gratis di Puskesma Loano
Peserta Prolanis Periksa Kesehatan Gratis di Puskesmas Loano

Penanggung jawab Prolanis di Puskesmas Maron Kecamata Loano, Budi Tjahjono. S.Kep. Ners mengatakan bahwa antusiasme peserta untuk mengikuti rangkaian kegiatan Prolanis, khususnya pemeriksaan kesehatan tergolong sangat tinggi. Hal itu ditandai dengan banyaknya jumlah peserta yang hadir untuk satu periode pemeriksaan. Pemeriksaan itu sendiri telah dilakukan oleh pihak Puskesmas sejak tiga tahun lalu, dengan jumlah peserta terdaftar sebanyak 469 orang.

“Namun tingkat kehadiran sesuai data pada Januari sampai mei ini yang hadir sekitar 300an orang. Dan pemeriksaan itu selalu kami laksanakan rutin selama dua hari pada setiap tgl 5 dan 6 tiap bukanya,” jelasnya.

Menurutnya, bahwa pemeriksaan itu sangat membantu paramedis dan peserta memantau kondisi penyakit kronis yang diderita para pasien.

“Tidak hanya di puskesmas sini saja, tapi diseluruh puskesmas yang ada se Indonesia juga wajib menggelar kegiatan ini, hanya waktu dan jumlah peserta yang beda beda,” terangnya.

Pihaknya berharap dengan penderita kronis seperti diabetes dan hipertensi yang ada diwilayah kecamatan Loano yang belum terdaftar bisa ikut bergabung dan mengikuti pemeriksaan prolanis itu. Agar bisa selalu diketahui kondisi penyakit yang diderita.

Sementara itu salah satu peserta prolanis, Slamet asal Desa Mudalrejo Kecamatan Loano, mengaku senang dengan kegiatan Prolanis yang digelar pihak puskesmas. Menurutnya, pemeriksaan seperti ini sangat penting untuk mengetahui kondisi penyakit yang diderita.

“Jadi mudah dalam memeriksakan penyakit, karena sejak mengikuti kegiatan ini, penyakit saya bisa dikontrol secara baik dan stabil,” katanya.

Pihaknya berharap kegiatan itu bisa dilaksanakan secara rutin tiap bulannya. Bukan saja untuk peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang telah terdaftar sebagai anggota Program Pengelolaan Penyakit Kronis (Prolanis) yang bisa mengikuti kegiatan itu, namun juga membuka bagi warga lain. (P24-Drt)

Tinggalkan Balasan