OKC, Kasus Lakalantas Turun, Korban Meninggal Dunia Naik

oleh -46 views

PURWOREJO, purworejo24.com – Selama 13 hari pelaksanaan Operasi Ketupat Candi (OKC) 2019 oleh Polres Purworejo, mulai Rabu (29/5) hingga Senin (10/6), tercatat telah terjadi sebanyak 10 kasus kecelakaan lalu lintas (Lakalantas). Jumlah itu menurun jika dibandingkan dengan operasi yang sama pada tahun 2018 yang mencapai 13 kasus Lakalantas.

Hal itu diungkapkan oleh Kapolres Purworejo AKBP Indra Kurniawan Mangunsong SH SIK MM saat dikonfirmasi usai memimpin Apel Konsolidasi OKC 2019 dan Pengamanan Menjelang Dilaksanakannya Sidang Permohonan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) di Mahkamah Konstitusi tahun 2019, Kamis (13/6) pagi. Apel berlangsung di halaman Mapolres Purworejo diikuti ratusan personel dari unsur Polri, TNI, serta dinas/instansi terkait.

“Untuk angka kecelakaan memang secara kuantitatif menurun, tapi untuk jumlah fatalitas korban meninggal dunia terjadi kenaikan,” ungkap Kapolres didampingi Kasat Lantas AKP Nyi Ayu Fitria Facha SH.

Secara rinci disebutkan bahwa pada pada OKC 2019 ini terjadi 10 kasus Lakalantas dengan korban meninggal 3 orang, luka berat 2 orang, luka ringan 16 orang, serta kerugian material mencapai Rp6 juta. Sementara pada pelaksanaan operasi yang sama tahun lalu, terjadi 13 kasus Lakalantas dengan korban meninggal nihil, luka berat 3 orang, luka ringan 16 orang, dan jumlah kerugian material mencapai Rp8,9 juta.

Kapolres menerangkan, meski masih terjadi Lakalantas dengan korban meninggal dunia, secara keseluruhan OKC 2019 berlangsung dengan tertib, aman, dan lancar sehingga dapat menciptakan situasi kondusif selama Ramadan, Hari Raya Idul Fitri, hingga pasca Idul Fitri. Lebih dari itu, tidak terjadi kejadian menonjol selama operasi.

“Meski saat ini pelaksanaan Operasi Ketupat telah usai, pengamanan terus kita lakukan, khususnya untuk wilayah pantai. Kemarin kita monitor masih cukup ramai. Kita tetap memback up untuk pengamanan pengunjung, seperti pantai Jatimalang dan pantai Jetis,” terangnya. (P24-rex)